Fantastis, Pembangunan Menara Pandang di Sipirok Telan Biaya Rp14 Miliar

Menara Pandang Sipirok

topmetro.news – Pembangunan Menara Pandang Kebun Raya Sipirok yang berada di Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sangat fantastis menelan biaya pembangunannya sekira Rp 14 Miliar.

Demikian diungkapkan Politisi Senior Partai Nasdem H.M Nezar Djoeli kepada topmetro.news lewat pesan Whatshap, Selasa (10/11/2020).

Nezar Djoeli yang menyoroti pembangunan Menara Pandang Kebun Raya Sipirok yang berada di daerah Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan direncanakan pembangunannya selesai bulan Februari 2021.

Sebagai mantan anggota DPRD Sumut periode 2014-2019 menyebutkan, Menara Pandang setinggi 31,5 meter itu dibangun menggunakan biaya lebih kurang 12 sampai 14 miliar yang bersumber dari dana CSR perusahaan tambang emas terbesar di Kabupaten Tapanuli Selatan Agincourt Resource.

Menara Pandang Sipirok Gunakan Lift 7 Lantai Berkapasitas 11 Orang

Namun dalam kenyataannya, pembangunan menara pandang setinggi 31,5 meter menggunakan lift 7 lantai berkapasitas 11 orang dan dengan jarak pandang radius 300 meter tersebut, seharusnya ditargetkan selesai pada Februari tahun 2021mendatang, namun hingga mendekati akhir tahun 2020 sama sekali belum terlihat realisasi pembangunannya di lapangan.

Lebih lanjut politisi senior partai Nasdem ini megungkapkan, Ground Breaking pembangunan Menara Pandang Kebun Raya tersebut telah dipublikasikan dibeberapa media, salah satunya media televisi nasional swasta ternama beberapa waktu lalu.

Bahkan, dalam kegiatan seremonial tersebut dihadiri oleh Forkopimda dan beberapa kalangan pejabat Tapanuli Selatan serta pihak dari PT Agincourt Resource.

Baca Juga: Pengelolaan Limbah B3 PT Agincourt Minta Diawasi

Dalam penjelasannya di media massa, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tapanuli Selatan Ir.Khairul Rizal menjelaskan, Menara Pandang Kebun Raya ini pembangunannya didapat dari Dana CSR tambang emas PT Agincourt Resource.

“Patut kita sayangkan dan menjadi pertanyaan besar masyarakat. Sebenarnya apa yang terjadi dengan Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan dan PT Agincourt Resource. Seberapa penting dan Urgensinya proyek Menara Pandang di Sipirok tersebut dilakukan,” kata Nezar.

Nezar menambahkan, bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapsel hari ini terindikasi sarat dengan kepentingan. Pemkab Tapsel dinilai sangat egois karena tidak memikirkan nasib rakyatnya yang saat ini sangat membutuhkan bantuan ditengah pandemi Covid 19 saat ini.

“Harusnya pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan lebih bijaksana menggunakan uang CSR belasan miliar itu untuk membantu masyarakat, bukan malah sebaliknya, uang tersebut dipakai untuk proyek yang sama sekali mendesak, seperti pembangunan Menara Pandang itu,” ungkap Nezar.

Masih Nezar menyebutkan, pernyataan Kepala Dinas PU di media televisi yang menyebutkan pembangunan Menara Pandang di Sipirok itu akan selesai pada bulan Februari 2021 patut dipertanyakan dan dipertanggung jawabkan. Karena faktanya hingga hari ini realisasi pembangunannya belum berjalan.

“Dengan kondisi yang sampai hari ini pelaksanaannya itu masih dibilang belum ada. Saya khawatir bahwasanya anggaran tersebut sebenarnya sudah digelontorkan dan dugaan saya sudah disalurkan oleh PT Agincourt Resource kepada pemerintahan Tapsel, tetapi anggaran tersebut belum dipakai dan dipergunakan di dalam kegiatan pembangunan Menara Pandang itu, sehingga akhirnya nanti di anggaran R-APBD 2021 muncul pula nomenklatur mata anggaran untuk pembangunan anggaran menara pandang tersebut, cetus Nezar.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment