Bupati Zahir Serahkan 100 Alat Gepengkan Pisang Saleh Hasil Inovasi Sendiri

Alat penggepeng Pisang Salle

topmetro.news – Bupati Zahir didampingi Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Batubara Maya Indriasari Zahir menyerahkan langsung 100 unit alat pres penggepeng Pisang Salle hasil inovasinya sendiri, kepada warga pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) Desa Sumber Makmur, kecamatan Limapuluh, kabupaten Batubara, Kamis (19/11/2020).

Tidak cukup hanya menyerahkan alat pres penggepeng pisang salle saja, disaat yang sama Bupati Batubara yang juga merupakan politisi Partai PDI-P (Ketua DPC -red) itu juga pun turut memberikan alat Impulse Sealer atau mesin untuk penyegel tutup kemasan jenis kantung plastik.

Bupati Batubara Ir Zahir M AP menjelaskan, bahwa terkait bantuan alat pres penggepeng pisang untuk salle ini merupakan salah satu program pemulihan ekonomi masyarakat dimasa situasi pandemi dan disamping itu agar daerah dapat memiliki hasil produknya sendiri, sebagaimana juga telah ada di Desa Lubuk Hulu yang telah memproduksi kripik emping.

“Sedangkan di Desa Sumber Makmur saat ini juga sudah mempunyai sebuah produk yakni pisang salle, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Batubara langsung memberikan bantuan alat canggih presan penggepeng pisang hasil inovasi kita sendiri, yang sebelumnya mereka masih mengunakan alat tradisional,” ungkap Ketua GM Pujakesuma Sumut itu.

Label Halal

Masih dari penuturan Zahir, bahwa guna mendorong kemajuan dalam usaha selayaknya Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dari Dinas Kesehatan, daftar PIRT dari Dinas perizinan, dan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus segera diurus dan dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Sekalian bila perlu, disiapkan izin Hak atas Kekayaan Inteltual (HaKI) dari Kemenkumham, sehingga kemasan pisang salle dengan merk Melati akan dikenal milik Desa Sumber Makmur. Namun saya berharap dengan alat canggih ini kedepannya produksi semangkin meningkatkan,” tegasnya.

“Dan pemberian bantuan ini tidak ada batasan, itulah salah satu yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden untuk pemulihan ekonomi nasional itu yang dimulai dari UMKM, bisa ternak sapi, ternak bebek dan tukang bakso. Apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan bisa menjadi meningkatkan ekonomi tetap kita bantu,” bilang Bupati Zahir.

Inovasi Bupati Batubara

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Batubara Azwar SP membenarkan bahwa alat pres penggepeng Pisang Salle tersebut merupakan hasil dari inovasi Bupati Batubara Ir Zahir MAP yang dituangkan kepada pihaknya, “Saya sampaikan kepada Pak Bupati bahwa masyarakat pelaku UMKM yang memproduksi Pisang Salle sangat membutuhkan alat pres itu,” ungkapnya.

“Tapi saya laporkan ke pak Bupati kalau alat yang dimaksud sangat susah dicari dipasaran, lalu pak Bupati Zahir bilang coba kita berinovasi menciptakan alat pres penggepeng Pisang Salle sendiri pasti bisa. Dan akhirnya terciptalah mesin pres tersebut atas inisiatif pak Bupati,” terang Azwar.

“Tujuannya sama seperti yang telah dikatakan oleh Pak Bupati Zahir, bahwa pemberian bantuan 100 unit alat pres pisang salle dan impulse sealer guna pemulihan ekonomi masyarakat di

Desa sumber Makmur Kecamatan Limapuluh. Jumlah alatnya sudah disesuaikan dengan jumlah masyarakat yang mempunyai industri rumah tanggah (UMKM) produk Pisang Salle yaitu sebanyak 100 unit berikut alat impulse sealernya,” ujar Kadis Ketapang.

Demikian pula untuk pelaku UMKM produk Kripik Emping di Desa Lubuk Besar Kecamatan Datuk Limapuluh diberikan bantuan mesin sealer sebanyak 100 unit, dan untuk Desa Lubuk hulu mendapatkan alat sealer untuk pengemasan sebanyak 80 unit. Azwar SP sendiri berharap, dengan pemberian alat bantu ini sekiranya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi meningkatkan penghasilan warga pelaku UMKM.

Perhatian Pemkab

Sedang Aprianto, Kepala Desa Sumber Makmur sendiri mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Batubara Ir Zahir MAP karena telah berkenan hadir secara langsung memberikan bantuan. Menurut Apri panggilan akrab kades muda tersebut, bahwa ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Batubara khususnya UMKM Desa Sumber Makmur kepada pengerajin pisang salle.

“Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa selama ini pengerajin pisang salle didesa kami hanya mengunakan alat tradisional lebih kurang selama 30 tahun, maka kami sangat bersyukur atas pemberian bantuan dari hasil inovasi Bupati Batubara berupa sebuah alat pres penggepeng pisang berikut impulse sealernya,” pungkas Aprianto.

Berdasarkan pantuan media ini, selain Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dan Ketua TP- PKK Batubara Maya Indriasari Zahir, tampak hadir pula Sekdakab Batubara H Sakti Alam Siregar SH, Camat Limapuluh Adrie Aulia Harajap SSTP selaku pembina kecamatan, para kades se-Kecamatan Limapuluh serta ratusan warga penerima bantuan alat pres Pisang Salle.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment