Banjir Sebabkan Jalan Alternatif (Mitigasi) Menuju Singkil Lumpuh Total

sungai membelah Kota Singkil

topmetro.news – Akibat hujan yang terus-menerus mengguyur Aceh Singkil sekitarnya, membuat dua sungai yang membelah Kota Singkil yakni Lae Soraya dan Lae Cinendang meluap. Akibatnya beberapa daerah terendam banjir dan memutus Jalan Mitigasi Tsunami menuju pusat kota.

Seperti yang terlihat pada Kemukiman Pemuka Kecamatan Singkil. Tatusan rumah warga dari lima desa sudah mulai terendam. Selain itu, jalan yang menghubungkan Kecamatan Gunung Meriah menuju Kecamatan Singkil lumpuh total akibat jalan yang terputus.

“Saya tadi rencana balik ke Singkil namun pada saat melewati Jalan Mitigasi Tsunami tersebut sudah putus total,” ucap Karman, warga Desa Pea Bumbung, Minggu (22/11/2020).

“Terpaksa saya ambil jalan umum yang mana memakan waktu yang cukup lama. Ketinggian air pada jalan tersebut berkisar 1 sampai 1,8 meter. Ditambah derasnya debit air yang mengalir membuat para pengendara yang ingin melihat berpikir dua kali,” jelas Karman.

Dampak Banjir

Selain itu dari pantauan reporter topmetro.news di lapangan, beberapa desa di Singkil sudah merasakan dampak banjir tersebut. Seperti Desa Ujung Bawang, Desa Pea Bumbung, dan desa desa sekitarnya.

Rata-rata air banjir setinggi dada orang dewasa pada jalan rumah warga. Akibatnya mata pencarian warga yang nota bene berkebun mengalami gagal panen.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment