Polda Sumut Diminta Usut Dugaan Penyerobotan Tanah di Belawan

Polda Sumut

topmetro.news – Puluhan massa yang tergabung dalam Dewan Pengurus Wilayah Solidaritas Aktivis Peduli Sumatera Utara (DPW SIAP Sumut) menggelar unjuk rasa depan Polda Sumut, Senin (23/11/2020).

Massa mendesak Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin agar memeriksa Dirut STTC, Camat Belawan dan Kepala BPN Medan terkait dugaan tindak pidana penyerobotan tanah Jalan Akhmad, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan.

Koordinator aksi, Soleh Nasution menyebutkan, pihak PT. STTC telah menyerobot tanah seluas 13. 431 m² yang berada pada Kelurahan Belawan Barahi yang selama ini menjadi fasilitas umum.

Massa Minta Polda Sumut Segera Usut

“Untuk itu, kami meminta Bapak Kapolda Sumatera Utara agar melakukan penyelidikan serius terkait dugaan penyerobotan tanah untuk fasilitas umum yangdihibahkan oleh saudara Julianto kepada masyarakat,” ujar Soleh.

Selain itu, Soleh dan rekan-rekannya juga meminta Kapolda Sumut untuk menangkap Camat Medan Belawan yang kemunginan adalah aktor intelektual dalam penyerobotan lahan seluas 13. 431 m² pada Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan sesuai Pasal 485 ayat 1 KUHP.

Baca Juga: Polda Sumut akan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan

Dalam orasinya, pihaknya juga meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang RI agar melalukan evaluasi kinerja Kepala BPN Kota Medan.  Yang mungkin telah ikut bekerja sama memuluskan penyerobotan tanah seluas 13. 431 m² itu.

 

“Kami meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang RI agar mencopot Kepala BPN Medan yang diduga ikut bekerja sama melakukan penyerobotan tanah untuk PT. STTC,” tegas Soleh.

Baca Juga: Brimob Polda Sumut Sidang 14 Pasangan Catin

Setelah menyampaikan orasi, massa disambut Kompol H. Simanjuntak dari Bidang Humas Polda Sumut, yang menyarankan agar massa membuat laporan terkait dugaan penyerobotan lahan tersebut.

“Kami minta kepada perwakilan massa untuk membuat pengaduan tentang hal ini. Kami akan melakukan pendampingan, biar ada tindaklanjutnya tentang hal ini,” pungkas Simanjuntak.

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment