PWI Madina Ikuti Rapat Pleno Virtual Sambut HPN 2021 Se-Sumut

PWI Madina Ikuti Rapat Pleno Virtual Sambut HPN 2021 Se-Sumut 1

Topmetro.news Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengikuti rapat pleno plus secara virtual, Selasa (26/01/2021) dari sekretariat PWI Madina, jalan Williem Iskander Kelurahan Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan.

Rapat pleno virtual melalui aplikasi zoom meeting tersebut diselenggarakan PWI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di gedung PWI Jalan Adinegoro, Medan. Diikuti pengurus PWI Kabupaten/Kota se-Sumut.

Rapat dipimpin oleh Ketua PWI Sumut Hermansjah, didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim dan Wakil Sekretaris Rifky Warisan. Hadir juga pengurus harian seperti Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal R Surya, Wakil Ketua Bidang Bidang Antar Lembaga Agus S Lubis, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Edy S Sormin, Wakil Ketua Bendahara Jalaluddin, Ketua SIWO Hamonangan Panggabean, dari Dewan Kehormatan Nurhalim Tanjung dan lainnya.

Hermansjah memaparkan, HPN 2021 tingkat nasional di Jakarta akan diikuti sekitar 200 peserta.

“Dari Sumut hanya diundang satu orang yaitu ketua. Namun saya memutuskan tidak hadir karena harus isolasi di hotel selama tiga hari,” ungkapnya.

Untuk itu PWI Sumut akan menggelar HPN 2021 tingkat Sumut bersama dengan Gubernur Sumatera Utara.

HPN 2021 Bersama Gubsu

“Kita akan menggelar HPN 2021 bersama Gubsu. Kepada PWI di daerah diminta untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam rangkaian HPN 2021,” ujarnya.

“Namun bagi yang anggarannya sudah tersedia dan tidak jadi berangkat mohon koordinasikan dengan dinas terkait. Apakah bisa digunakan untuk cara lainnya yang terkait dengan HPN,” tambah dia.

Pada kesempatan itu juga dibahas persiapan menghadapi Konferensi PWI Sumut yang akan digelar Mei mendatang, ujian penerimaan calon anggota muda dan kenaikan tingkat. Serta pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan kerjasama dengan Dewan Pers.

Untuk itu Khairul Muslim mengatakan, PWI Sumut telah melakukan verifikasi terhadap keanggotaan PWI Sumut.

“PWI Sumut telah melakukan verifikasi terhadap keanggotaan PWI Sumut apakah itu anggota muda, anggota biasa, anggota seumur hidup dan anggota luar biasa. Jumlah peserta belum tetap karena kita masih akan menggelar penerimaan anggota muda dan kenaikan tingkat menjadi anggota biasa,” ungkapnya.

Sementara itu mengenai UKW kerja sama PWI dengan Dewan Pers sendiri, Herman menambahkan, UKW tersebut akan digelar pada 26-28 Februari 2021.

“PWI Sumut mendapat jatah 54 orang atau sembilan kelas yang terdiri dari tiga klaster yakni, muda, madya dan utama. Utama dan madya dua kelas serta muda lima kelas,” ungkapnya.

Karena jumlah pendaftar membludak yaitu sekitar 160 orang maka kata Herman terpaksa dilakukan seleksi dengan mengutamakan anggota PWI atau yang ingin menjadi anggota PWI.

“Bagi yang belum bisa ikut UKW akan diikutkan pada UKW berikutnya karena Sumut juga akan  menggelar UKW setelah konferensi,” ujarnya.

Terpisah, Ketua PWI Kabupaten Madina Muhammad Ridwan Lubis SPd didampingi Sekretaris Abdul Holik dan Bendahara Zamharir mengatakan PWI Kabupaten Madina memastikan tidak akan berangkat ke lokasi HPN di Jakarta.

“Kita sudah putuskan tidak berangkat, karena situasi yang tidak memungkinkan akibat pandemi Covid-19. Namun, PWI Madina akan berkoordinasi dengan Pemkab Madina untuk membicarakan terkait kegiatan HPN yang akan dilaksanakan di daerah,” kata Ridwan.

 

Reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment