Jabatan Bupati Asahan Berakhir, Gubsu Unjuk Jhon Hardi Jabat Plh

Jabatan Bupati Asahan Berakhir, Gubsu Unjuk Jhon Hardi Jabat Plh

Topmetro.news Jabatan Bupati Asahan, H Surya BSc  berakhir hari Rabu  tanggal 17 Pebruari 2021. Untuk mengisi kekosongan, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Asahan, Drs Jhon Hardi Nasution MSi sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Asahan hingga dilantiknya Bupati Asahan yang defenitif, demikian disampaikan Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Kamis (18/2/2021)

Lebih lanjut, Hidayat mengatakan H Surya BSc merupakan Wakil Bupati Asahan berpasangan dengan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP pada Pilkada tahun 2010 dan Pilkada tahun 2015. Tanggal 17 Februari 2016 Taufan-Surya dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Asahan untuk yang ke dua kali periode 2016-2021 oleh Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

Selama menjabat untuk yang ke dua kali, Taufan Gama sakit dan akhirnya meninggal dunia tanggal 22 April 2019. Selanjutnya H Surya BSc menjabat Plt Bupati Asahan. Dan tanggal 20 September 2019, H Surya BSc dilantik menjadi Bupati Asahan oleh Gubsu, Edy Rahmayadi.

Pada Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2021, H Surya BSc berpasangan dengan Taufik Zainal Abidin mengikuti pesta demokrasi . Dan akhirnya memperoleh suara terbanyak dibandingkan 2 paslon lainnya. Yakni Nurhajizah-Hendri Siregar dan Rosmansyah-Winda Fitrika.

Mungkin merasa ada kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada, paslon Nurhajizah-Henri Siregar melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun akhirnya gugatan mereka di tolak MK. Diketahui ada 14 Kepala Daerah di Sumut mengikuti Pilkada 2020 dan berakhir masa jabatannya 17 Februari 2021. Untuk mengisi kekosongan, Gubsu dihunjuk Sekda Kab/Kota sebagai Plh.

“Sampai saat ini, belum ada satupun Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 di Sumut yang dilantik karena diantaranya ada yang melakukan gugatan ke MK,” kata Hidayat.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment