DPC IMA UINSU Madina Sosialisasi Penanganan Covid-19 di Kecamatan Malintang

DPC IMA UINSU Madina

topmetro.news – DPC IMA (Ikatan Mahasiswa Mandaling Natal) UINSU (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara) Madina melaksanakan sosialisasi penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kecamatan Bukit Malintang, Sabtu (27-28/2/2021) lalu.

Kegiatan itu mengangkat tema: Penanganan Covid-19 Melalui Siklus Poda Na Lima dan Rumah Biotik. Kemudian ada kegiatan pengembangan ekowisata di Desa Malintang Julu dan pembagian 1.000 masker.

Hadir Ketua DPP IMA Madina Sofyan saputra Nasution, DPC IMA USU Madina, dan IMA Unimed Madina. Ada juga, Camat Bukit Malintang Syukur Soripada SSos MAP, Pj Kepala Desa Malintang Julu Abdurrahman SH, dan masyarakat.

Peran Mahasiswa

Ketua DPC IMA UINSU Madina Abdul Khobir kepada topmetro.news, Rabu (3/3/2021) menjelaskan, bahwa mahasiswa adalah agen perubahan sosial yang harus selalu menunjukkan perannya dalam kehidupan nyata.

Setidaknya secara garis besar ada tiga peranan penting dan mendasar bagi mahasiswa yaitu intelektual, sosial, dan moral. Mahasiswa adalah sebuah agen perubahan terhadap masyarakat luas sesuai dengan 3 poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu 1. Pendidikan dan Pengajaran, 2. Penelitian dan Pengembangan, dan 3. Pengabdian kepada Masyarakat,” terangnya.

Dalam konteks ini, imbuhnya, DPC IMA Madina UINSU sudah merealisasikan poin ketiga. Yakni melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat terlaksana dengan berbagai kegiatan positif.

“Dalam hal ini, mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berkontribusi nyata. Seperti yang kita ketahui selama ini bahwasanya mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat, ‘agent of change’ dan lainnya. Maka dari itu, mahasiswa harus mengetahui porsi dari tugas mereka masing-masing dalam mengabdi kepada masyarakat,” paparnya.

“Dan kami berharap dalam kegiatan ini bisa meninggkatkan partisipasi masyarakat Malintang Julu dalam penanganan Covid-19. Dan menjadi masyarakat yang mandiri serta mampu berperan aktif dalam pengembangan wkowisata di Desa Malintang Julu,” lanjut Abdul Khobir.

Harapan DPP IMA

Sementara Ketua DPP IMA Madina Sofyan Saputra Nasution berharap kegiatan-kegiatan pengabdian seperti itu berlanjut terus-menerus kepada masyarakat, terkhusus Desa Malintang Julu. Agar menjadi lebih produktif dalam mengembangkan potensi ekowisata dan tidak lupa mengorganisir pencegahan Covid-19 melalui siklus Poda Na Lima.

“Sebelumnya kita dari DPP IMA Madina sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan DPC IMA UINSU Madina. Di mana, dengan kegiatan ini telah menunjukkan bahwa mahasiswa itu memang benar ada dan nyata untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Sedangkan Camat Malintang Julu Syukur Soripada SSos MAP melalui Kepala Desa Malintang Julu Abdurrahman SH mengucapkan terima kasih kepada jajaran mahasiswa IMA Madina atas pelaksanaan kegiatan sosial yang telah terlaksana di desa mereka.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, ke depan masyarakat Desa Malintang Julu pada khususnya dan Kecamatan Bukut Malintang pada umumnya, bisa menjadi lebih peduli dalam penanganan Covid-19. Dan menjadi masyarakat yang produktif serta kreatif,” pintanya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment