Peringatan Hari Jadi ke 75 Kabupaten Karo Pada 8 Maret 2021 Akan Digelar Sederhana

Hari Jadi Kabupaten Karo

topmetro.news – Peringatan Hari Jadi ke 75 Kabupaten Karo yang jatuh pada, Senin 8 Maret 2021 akan berlangsung secara sederhana. Serta dengan tetap mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan) Covid-19.

Hal itu terungkap dalam rapat Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo dengan pimpinan Sekda Karo Karo Drs Kamperas Terkelin Purba MSi di Ruang Rapat Asisten, Kamis (4/3/2021), di Kabanjahe.

Peringatan ini berawal dengan ziarah nasional ke Makam Pahlawan Kabanjahe. Lalu berlanjut dengan rapat paripurna di Gedung DPRD Karo, Jalan Veteran Kabanjahe.

“Mengingat kita masih dalam masa Pandemi Covid-19 dan bencana Erupsi Vulkanik Gunung Sinabung, untuk tahun 2021 ini perayaan peringatan hari jadi ke 75 Kabupaten Karo kita selenggarakan secara sederhana,” tuturnya.

Pakaian Nuansa Budaya Karo

Lebih jauh Kamperas Terkelin menyebutkan, diimbau kepada seluruh ASN untuk memakai pakaian dinas. Hal itu untuk lebih memaknai peringatan hari jadi sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal masyarakat Karo,

“Pakaian dinas dengan memakai tambahan kain ciri khas Adat dan Budaya Karo. Yaitu Beka Buluh dan Langge-langge/Uis Nipes,” ujarnya.

Hadir dalam rapat itu Kadis Perhubungan Gelora Purba SH MH, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala MKes. Kadis PMD Abel Tarwai Tarigan, Sekretaris DPRD Petrus Ginting, Kabag Otda Drs Robinson Brahmana. Kabag Umum Hotman Brahmana, Kabag Kesra Dekeng Surbakti, Kabag Humas Protokol Frans Leonardo Surbakti, Sekretaris Satpol PP David C Sembiring, Sekcam Kabanjahe Maria Barus dan Dinas Kominfo.

Berdasarkan catatan media, HUT Kabupaten Karo resmi ditetapkan pada 8 Maret 1946. Hal itu berdasarkan runutan dan realita fakta sejarah yang terjadi di Kabupaten Karo 75 tahun yang lalu.

Penetapan tanggal dan bulan hari jadi berdasarkan telaah dan pembahasan serta bukti data otentik pada rekam jejak peristiwa sejarah yang penuh romantisme, patriotisme dan heroisme, berpijak pada landasan historis sosiologis kuat secara de facto dan de jure.

Pertama kalinya peringatan hari jadi ini adalah pada 8 Maret 2018. Dan saat itu Kabupaten Karo genap berusia 72 tahun, yang penetapannya tanggal 8 Maret 1946 melalui sidang paripurna DPRD Karo sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment