Taruna Satlat Kijang Renovasi Rumah Penggali Kubur

Taruna Satlat Kijang Renovasi Rumah Penggali Kubur

topmetro.news – Taruna Akpol dan TNI yang mengikuti Latihan Integrasi Taruna Wresa Nusantara (Latsitardanus) XLI 2021 Satuan Latihan (Satlat) Kijang, merenovasi rumah tak layak huni di Jalan Besar Namorambe Gang Amri I Kelurahan Delitua Barat, Kecatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Selasa (13/4/2021).

Rumah tak layak huni itu milik seorang penggali kubur, yakni Satin (65) dan istri Hermiati.

“Saya berterimakasih, karena rumah saya sudah direnovasi,” ucap pria yang sudah puluhan tahun menjadi penggali kubur tersebut.

Dia mengaku, rumah yang sudah ditempati puluhan tahun itu beratap rumbia dan dinding tepas. Bila hujan, rumah itu selalu banjir.

“Saya hanya tinggal berdua dengan istri saya. Sedangkan anak saya (3 orang) sudah berkeluarga semua dan tidak tinggal di sini,” sebutnya.

Dirinya tidak menyangka rumahnya bisa dibangun dengan beton. “Istri saya hanya tukang urut, perekonomian kami tidak mungkin membangun rumah. Terima kasih sekali lagi kami ucapkan,” ungkap Satin.

Sementara, Dansatlat Kijang AKBP Siswo Dwi Nugroho menyebutkan, renovasi rumah ini merupakan bagian dari kegiatan Latsitardanus tahun 2021.

Kegiatan Sosial

“Ini merupakan bagian dari kegiatan Latsitarda Nusantara. Tugas pokok kita itu melaksanakan kegiatan sosial sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara khususnya para taruna,” sebutnya.

Dia mengaku, kegiatan saat ini para Taruna Akpol, TNI dan mahasiswa membedah rumah yang memang tak layak huni.

“Sasarannya, selain melaksanakan kegiatan renovasi rumah tidak layak huni, kita juga melaksanakan kegiatan seperti pembersihan dan pengecatan makam pahlawan, kemudian tempat ibadah gereja maupun masjid yang sudah menjadi sasaran kita,” terangnya.

Untuk rumah yang menjadi sasaran renovasi, lanjutnya, Taruna Latsitardanus mendapatkan data dari pemerintah daerah setempat, Koramil dan Polsek.

“Kalau lokasi target sudah kita sounding dari pemerintah desa, Koramil dan Polsek. Mana yang layak untuk kita kerjain itu akan kita kerjain. Kalau sasarannya itu tetap dari pemerintah setempat,” ungkapnya.

Kata di, renovasi rumah milik penggali kubur ini akan ditargetkan selesai pada tanggal 22 April 2021.

“Untuk renovasi ini kita targetkan mulai tanggal 8 sampai 22 April 2021. Selain taruna masyarakat juga dilibatkan karena di sini ditunjukkan sinergitas TNI, Polri, mashasiwa dan masyarakat menjadi kesatuan yang utuh,” katanya.

Selain fisik, taruna Latsitardanus Satlat Kijang juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti sosialisasi protokol kesehatan, hukum dan bela negara.

“Ini semua bagian dari Latsitarda ke 41 tahun 2021,” tambahnya.

reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment