86 Bendahara OPD Berikut Operator SIPD dan 30 Staf BPKAD Batubara Ikut Pelatihan IPK

pelatihan IPK

topmetro.news – Sebanyak 116 peserta terdiri dari 86 pegawai OPD (organisasi perangkat daerah) selaku bendahara pengeluaran, berikut Operator Sistem Pemerintah Daerah (SIPD) dan 30 peserta selaku staff Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Batubara, mengikuti kegiatan pelatihan IPK (Implementasi Penatausahaan Keuangan) pada Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Tahun Anggaran 2021, Kamis (22/4/2021).

Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dengan perwakilan Sekda H Sakti Alam Siregar SH membuka acara yang berlangsung di Wing Hotel Kualanamu tersebut. Dalam sambutannya, Sekda Batubara mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan itu adalah sehubungan dengan Peraturan Mendagri RI No. 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

Masih menurut Sakti Alam bahwa Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) berguna Sebagai Informasi Pembangunan Daerah, Keuangan Daerah dan Informasi Pemerintah Daerah lainnya. “Saya meminta kepada hadirin semua untuk beberapa hal yang harus jadi perhatian dalam penatausahaan belanja APBD 2021. Agar lebih teliti dan berpedoman pada peraturan,” ujarnya.

“Saya harapkan keseriusan Bapak dan Ibu untuk lebih tertib dalam penatausaahan belanja dengan menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Dengan tujuan menyusun SPJ belanja APBD Tahun Anggaran 2021. Agar kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dapat kita andalkan,” tegas Sekda memberi imbauan.

Tujuan Pelatihan

Sedangkan Ketua Panitia Ir H Hakim MSi dalam laporannya mengatakan, maksud pelatihan IPK itu untuk menjalankan amanat Peraturan Mendagri RI No. 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah. Dengan tujuan Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Belanja APBD 2021 sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada kegiatan pelatihan yang tak luput dari penerapan Protokol Kesehatan ini, informasinya juga hadir Kepala BPKAD Batubara. Kemudian ada juga narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri RI. Berikut seluruh peserta dari OPD yang terdaftar dalam undangan.

reporter | Bima IS Pasaribu SH

Related posts

Leave a Comment