Di Mana Sebenarnya Patung Yesus Tertinggi di Dunia?

Patung Yesus Tertinggi

topmetro.news – Salah satu Patung Yesus Kristus paling fenomenal dan dianggap tertinggi di dunia adalah Patung Cristo Redentor atau Yesus Penebus di Kota Rio de Janerio, Brasil.

Patung setinggi 38 meter itu tidak saja menjadi ikon Rio de Janerio. Tetapi sudah menjadi ikon Brasil. Cristo Redentor sukses mengangkat nama Rio de Janerio menjadi terkenal di dunia internasional dan meningkatkan pengunjung ke kota terbesar di Brasil itu.

Namun tahukah kamu, bahwa sebenarnya yang di Brazil itu bukan lah patung Yesus Kristus dengan yang tertinggi? Lalu di mana sebenarnya Patung Yesus yang dapat klaim sebagai yang tertinggi di dunia?

Ternyata ada di Polania. Namanya adalalah Christ the King (Kristus Raja).

Patung Yesus di Polandia ini berada dalam sebuah kebun kubis, seberang toko serba ada Tesco, kota Swiebodzin di pinggiran barat Polandia. Patung ini memiliki tinggi 51 meter. Ini menjadi klaim patung tertinggi di dunia. Karena lebih tinggi 14 meter dari patung Yesus di Rio de Janeiro. Dan bahkan mengalahkan ketinggian patung Yesus sebelumnya di Bolivia.

Patung yang dibangun pada tahun 2008 dan selesai pada Bulan Nopember tahun 2010 itu menghabiskan biaya sekitar Rp13,5 miliar. Meski begitu, banyak orang belum mengenalnya. Dan masih menganggap bahwa patung tertinggi di dunia adalah yang berada di Brazil.

Gereja dan Polandia

Keberadaan patung ini juga mengungkap dinamika warga negara dan gereja Katolik di Polandia. Hubungan antara Gereja Katolik dan negara di Polandia sangatlah kuat.

Hal ini terjadi akibat peranan gereja dalam melawan idiologi komunis. Negara ini juga masih memiliki jumlah pengunjung gereja terbanyak di Eropa. Masyarakat Polandia sungguh menghayati ‘Pro Patria et Eclesia’. Mereka sangat mendukung kiprah Gereja Katolik bagi Rakyat Polandia.

Walau ada pro dan kontra mengenai pembangunan patung ini, tetapi masyarakat di kota itu merasakan manfaatnya. Karena sebelumnya kota mereka sepi pengunjung. Namun dengan kehadiran patung tersebut, kota mereka mengalami destinasi pengunjung yang meningkat. Ada yang sekedar untuk jalan-jalan tetapi ada yang berziarah dalam rangka memperkuat iman mereka.

BACA JUGA | Pembangunan Obyek Wisata Patung Yesus di Samosir Mulai Berlangsung

Seperti kata seorang pengunjung dari Jerman, bahwa ia berkunjung khusus untuk melihat patung itu. Ia bukanlah seseorang yang religius. Tapi ia penasaran melihat patung itu dan yakin orang lain yang datang dengan alasan yang sama.

Apa kah para wisatawan itu akan benar berbondong-bondong datang ke kota kecil itu? Masih perlu pembuktian. Tapi sementara ini, para penduduk setempat yakin bahwa Patung Yesus raksasa yang berlokasi di kebun kubis, akan memunculkan kota kecil ini di dalam peta dunia.

sumber | amorpost.com

Related posts

Leave a Comment