KPU Labuhanbatu Tetapkan Pasangan ERA sebagai Bupati-Wakil Bupati Terpilih

KPU Labuhanbatu Tetapkan Pasangan ERA sebagai Bupati-Wakil Bupati Terpilih

topmetro.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara menetapkan pasangan dr H Erik Adtrada Ritonga MKM-Hj Ellya Rosa Siregar MM (ERA) sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Labuhanbatu tahun 2020, dalam rapat pleno terbuka, Minggu (02/5/2021) sore di Permata Land Hotel, Jalan Ahmad Yani, Rantauprapat, Labuhanbatu.

Rapat pleno terbuka dipimpin langsung Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi. Didampingi Komisioner, M Rifai Harahap, Jaffar Sidik Pohan, M Syafril dan Raja Gompulon Rambe. Dihadiri oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Labuhanbatu, Makmur Munthe, Komisioner, Sekdakab M Yusuf Siagian. Lalu Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Pimpinan DPRD Labuhanbatu, Unsur pimpinan daerah, Pengurus cabang Partai Politik serta Para paslon terpilih. Dikawal ketat oleh ratusan personel Polri dan TNI, standby di dalam maupun di luar gedung hotel.

Rapat pleno terbuka kali ini tetap dilakukan. Meskipun paslon nomor urut 3, Andi Suhaimi Dalimunte-Faizal Amri Siregar (ASRI) telah mengajukan gugatan/permohonan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Agar KPU Labuhanbatu kembali melakukan pemungutan suara ulang di 7 dari 9 TPS yang telah PSU pada 24 April 2021. Pasangan ERA meraih suara terbanyak pada PSU 24 April lalu.

“KPU Labuhanbatu menetapkan pasangan calon bupati-wakil bupati Labuhanbatu terpilih hasil Pilkada Labuhanbatu tahun 2020. Berdasarkan keputusan KPU Labuhanbatu Nomor: 24/ PP.01.2-Kpt/1210/KPU-Kab/III/2021 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Kabupaten Labuhanbatu Nomor 21/ PP.01.2-Kpt/1210/KPU-Kab/III/2021 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2021,” jelas Wahyudi didampingi Komisioner, Minggu (02/5/2021).

Terkait gugatan paslon nomor 3, Andi Suhaimi Dalimunte-Faizal Amri Siregar (ASRI), Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi menyebut bahwa hal tersebut menjadi hak konstitusi.

Putusan 

Namun sesuai hasil koordinasi dengan KPU Pusat, kata Wahyudi, tidak ada acuan atau panduan terperinci untuk menunggu putusan dari gugatan setelah PSU. Sehingga tidak ada dasar KPU menunda penetapan paslon bupati-wakil terpilih.

“Jadi, penetapan ini bukan semata-mata hasrat KPU untuk menetapkan pasangan calon nomor 2 selaku paslon bupati dan wakil bupati terpilih,” tegas Wahyudi didampingi Komisioner, Minggu (02/5/2021) sekira pukul 17.10 WIB, seusai pleno.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu atas partisipasinya dalam Pilkada tahun 2020 dan PSU Pilkada tahun 2021.

“Yang terpenting saat ini, mari sama-sama kita saling menghormati dan bersatu membangun Kabupaten Labuhanbatu,” ujarnya.

Ketua Bawaslu, Makmur Munthe dalam sambutannya mengatakan, rapat pleno penetapan paslon bupati-wakil bupati terpilih ini telah melalui tahapan PSU yang dilakukan atas putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 58/PHP.Bup-XIX/2021 tanggal 22 Maret 2021, dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020 yang digelar 24 April 2021.

“PSU yang dimohonkan paslon nomor urut 2, Erik Adtrada-Ellya Rosa ke MK menghasilkan Paslon nomor 2 menjadi pemenang Pilkada Labuhanbatu tahun 2020. Sebagaimana yang telah ditetapkan KPU Labuhanbatu tanggal 27 April 2021. Dengan rincian perolehan suara masing-masing paslon, nomor urut:

1. Tigor – Idlin 19.552 suara.
2. Erik – Ellya Rosa 88.493 suara
3. Andi – Faizal 88.183 suara
4. Roni – Jais 28.349 suara
5. Suhari – Irwan 12.736 suara, “ujar Makmur Munthe.

Sementara pada kesempatannya, paslon bupati-wakil bupati terpilih, ERA, diwakili Erik mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam Pilkada Labuhanbatu dan telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada paslon bupati-wakil bupati terpilih untuk membangun Kabupaten Labuhanbatu.

“Semoga tugas dan amanah ini dapat kami laksanakan dengan baik,” ujar Erik.

Ucapan Terima Kasih

Erik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Sumatera Utara, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0209/Labuhanbatu, Letkol Inf Asrul Kurniawan dan seluruh tim pengamanan yang telah lelah mengamankan proses Pilkada Labuhanbatu, PSU Pilkada Labuhanbatu hingga penetapan calon terpilih.

“Terima kasih kepada pihak keamanan dari TNI dan Polri yang telah menjalankan tugas pengamanan dengan baik. Sehingga semua proses berlangsung dengan aman dan kondusif. Terima kasih juga kepada penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu yang telah menyelenggarakan Pilkada Labuhanbatu dengan baik,” sebutnya.

Usai penetapan pasangan ERA sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Labuhanbatu tahun 2020, tahapan selanjutnya adalah menerbitkan Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan calon terpilih. Yang akan disampaikan ke KPU Provinsi dan KPU Pusat serta DPRD setempat.

reporter | Nathan

Related posts

Leave a Comment