Bupati dan Wakil Bupati Asahan Safari Ramadhan Khusus di Masjid Al Majid

Bupati dan Wakil Bupati Asahan Safari Ramadhan Khusus di Masjid Al Majid

topmetro.news Bupati Asahan, H Surya BSc dan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi lakukan safari Ramadhan khusus di Masjid Al Majid Desa Padang Sari Kecamatan Tinggi Raja, Rabu malam (5/5/2021).

Turut hadir Sekda, Asisten Prekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, OPD, Camat BKM dan jamaah.

Camat Tinggi Raja, Ahmad Saipul Parlagutan Pasaribu MM mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Asahan serta rombongan di Masjid Al Majid dalam rangka safari Ramadhan khusus Pemkab Asahan. Kami merasa bangga karena Kecamatan Tinggi Raja menjadi salah satu Kecamatan yang dikunjungi tim safari ramadhan khusus Pemkab Asahan.

Kami berharap Pemkab Asahan dapat membantu pembangunan SMKN di Tinggi Raja dengan cara memberikan usulan kepada Pemprovsu. Semoga usulan yang diberikan pembangunan SMKN dapat terealisasikan. Dengan berdirinya SMKN tersebut berarti Pemkab Asahan telah mewujudkan keinganan masyarakat Tinggi Raja.

Kecamatan Tinggi Raja memiliki satu ikon destinasi wisata yaitu Danau Teratai. Kami berharap Pemkab Asahan memperhatikan destinasi ini, sehingga banyak masyarakat, baik dari Asahan maupun luar Kabupaten datang ke Danau Teratai ini.

Serahkan Bantuan

Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Asahan menyerahkan bantuan kepada Ketua BKM Al Majid. Berupa uang tunai serta cinderamata dan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Bupati Asahan menghimbau kepada masyarakat agar  tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan selama bulan suci Ramadhan, tidak berkumpul atau berkerumun untuk urusan yang tidak perlu dan tidak melakukan konvoi/pawai dan takbir keliling di jalan-jalan.

Kepada BKM diharapkan agar senantiasa melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti lantai tetap steril, jamaah memakai masker, menyiapkan cuci tangan, dan diharapkan membawa sajadah sendiri sebagai alas tambahan, mempersingkat waktu taushiyah, shalat tarawih, tadarus dan amaliyah-amaliyah lainnya dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat.

BKM dihimbau untuk selalu memantau jamaah yang datang dari luar guna menghindari penyebaran covid-19 dan apabila ada jamaah yang terganggu kesehatannya, maka BKM segera menghubungi pusat kesehatan setempat. Pelaksanaan shalat Idul Fitri dianjurkan untuk dilaksanakan di Masjid/Musholla. Sesuai anjuran Pemerintah, tidak melakukan mudik, tetap waspada terhadap bahaya covid-19,  mendukung dan menyukseskan vaksinasi sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.

Pelaksanaan Safari Ramadhan Khusus ini berbeda dengan pelaksanaan Safari Ramadhan sebelumnya  Pasca keluarnya surat edaran Menteri Dalam Negeri no. 800/2784/SJ tentang larangan berbuka puasa bersama pada bulan Ramadhan dan kegiatan open house/halal bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021. Safari Ramadhan Khusus yang dilaksanakan ini tidak disertai dengan berbuka puasa bersama. Kita hanya melaksanakan Sholat Isya dan Taraweh berjamaah serta Tausiah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terkait harapan masyarakat tentang  pembangunan SMKN, Bupati mengatakan mendukung dan mengusulkan kepada Pemprovsu agar pembangunan SMKN tersebut direalisasikan. Walaupun secara khusus SMK/SMA tidak lagi wewenang Pemerintah Kabupaten.

Jaga Aset Wisata

Terkait Danau Teratai, Bupati mengatakan akan memperhatikan ikon wisata tersebut. Bupati berharap kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa dapat berkerjasama dengan masyarakat menjaga aset wisata tersebut dengan baik. Pemerintah Kecamatan harus selalu membuat inovasi-inovasi baru dalam memajukan destinasi wisata Danau Teratai dengan melakukan koordinasi dengan OPD terkait.

Ustadz Aswiluddin Rambe dalam tausiahnya menyampaikan 3 point penting pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pertama, meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT. Karena 10 malam terakhir ini ada satu malam yang paling mulia dari 1000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar.

Kemudian kedua, kita senantiasa berbuat baik kepada kedua orang tua kita dan ketiga menata hati, pandai mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT.

penulis | En

Related posts

Leave a Comment