Imigrasi Awasi Ketat Kru Kapal WN India di Pelabuhan Belawan

imigrasi awasi ketat

topmetro.news – Guna mencegah penyebaran Covid 19 dari negara asing, Kantor Imigrasi Kelas II Belawan awasi ketat terhadap kru kapal warga negara (WN) India yang tiba di Pelabuhan Belawan.

Petugas Imigrasi melakukan pengecekan dan pendataan terhadap 22 kru Kapal MT Julia I berbendera Marshall Islands khususnya warga asing berasal dari India. Para awak kapal tersebut dilarang tidak turun dari kapal selama bersandar di Pelabuhan Belawan.

Kapala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan, Berthi Mustika mengatakan, pengawasan dan pemeriksaan terhadap warga India guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 dari negara asing. Pihaknya memfokuskan pengawasan terhadap warga India, mengingat angka penyebaran sangat tinggi di Negara India.

Imigrasi Awasi Ketat

“Kita tahu, saat ini di India angka penderita Covid 19 meningkatkan. Makanya kita lakukan pengawasan ketat. Pengawasan tidak hanya bagi mereka (warga India), tetapi warg asing lainnya. Pengawasan kita lakukan dengan mendata dan melarang mereka turun dari kapal,” terang Berthi, Jumat (21/5).

Dijelaskannya, ada sebanyak 22 kru kapal warga India dilakukan clearance (pengecekan), mereka tiba di Belawan dengan Kapal berbendera Marshall Islands membawa crude palm oil (CPO) berasal dari negara Tiongkok.

Baca Juga: Deteni Covid 19, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan Lockdown

“Dari hasil pemeriksaan kita, mereka tetap mematuhi aturan yang kita terapkan. Petugas imigrasi tetap awasi ketat mereka di pelabuhan agar tidak turun dari kapal keluar areal pelabuhan,” tambah Berthi.

Berthi berharap, dengan pengawasan yang mereka lakukan dapat meminimalisir penyebaran mata rantai Covid-19 di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan.

“Pengawasan ini terus kita lakukan terhadap kapal yang sandar di Belawan. Mereka
tetap kita minta untuk mematuhi protokol kesehatan,” sebut Berthi.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment