Polisi Ringkus Spesialis Pembobol ATM

TOPMETRO.NEWS – Personil Polres Jakarta Selatan (Jaksel) meringkus spesialis pembobol ATM, EH (30) dengan modus skimming. Setiap beraksi, pelaku bisa membobol duit nasabahnya hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Jaksel Kombes Pol Iwan Kurniawan mengatakan, tersangka EH ditangkap polisi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Tersangka dicokok usai melakukan aksinya, sedang korban jumlahnya ada belasan orang.

“Tersangka ini mantan supervisor di sebuah bank swasta sebagai vendor teknisi mesin transaksi non-tunai, sehingga paham. Dia beraksi menggunakan alat skimming yang dibelinya di Mangga Besar, dia retas data pin nasabah,” ujarnya pada wartawan, Sabtu (14/5) seperti dikutip dari sindonews.com.

Menurutnya, pelaku melakukan aksinya di sejumlah lokasi yang ada di Jakarta Selatan. Setelah meretas data nasabah, pelaku pun menyalinnya ke ATM yang kosong, dia lantas menarik isi atm milik korbannya itu.

“Makanya, ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Setiap membobol, pelaku biasanya menarik dengan jumlah Rp10 juta, sejauh ini pelaku sudah menarik Rp300 jutaan,” jelasnya.

Kini, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Adapun barang bukti yang diamankan berupa laptop belasan kartu ATM bekas, card writer pengganda kartu, dan kabel data USB.

Related posts

Leave a Comment