Ini 5 Surga Bawah Laut di Indonesia, Spot Diving Terbaik yang Mendunia

Surga Bawah Laut

TOPMETRO.NEWS – Surga bawah laut? Kenapa tidak, ya Indonesia memang tak cuma indah di permukaan, tapi juga punya alam bawah laut yang menawan. Surga wisata bahari dengan terumbu karang, rerumputan laut hingga aneka ikan warna-warni tersebar luas di perairan Nusantara. Hal ini jadi daya tarik wisata.

Surga Bawah Laut di Indonesia, tak Perlu ke Luar Negeri

Indonesia kaya akan spot diving atau menyelam yang menjadi surga bagi wisatawan pecinta selam. Bahkan banyak wisatawan mancanegara sengaja datang ke Indonesia untuk mencari lokasi diving terbaik, menikmati alam bawah laut.

Majalah selam bergengsi Inggris, Dive Magazine menyebutkan Indonesia sebagai spot diving terbaik di dunia.

Inilah lima spot diving terbaik di Indonesia.

surga bawah laut1

Wakatobi

Salah satu spot diving terbaik berada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ada lebih dari 750 spesies karang, dan 942 jenis ikan. Wakatobi memiliki jumlah spesies terumbu karang dan ikan tertinggi yang pernah tercatat.

Perwira AL Prancis, oseanografer, dan peneliti serta anggota Académie Française, Jacques Cousteau menyatakan bahwa Wakatobi merupakan tempat menyelam terbaik di dunia.

Tak hanya pemandangan bawah lautnya yang indah. Perairan Wakatobi juga memiliki air yang jernih, bersih, udara yang baik serta dikelilingi tebing-tebing tinggi yang semakin mempercantik suasana.

surga bawah laut12

Kepulauan Alor

Sedikitnya ada lebih dari 20 titik selam di Kepulauan Alor, termasuk Half Moon Bay, Baruna’s Point, Trip Top, dan berbagai diving spot terbaik lainnya.

Jika Anda menyelam di kawasan Kepulauan Alor, Toppers bisa menemukan biota-biota laut yang menakjubkan seperti hiu karang, penyu yang hingga berbagai spesies terumbu karang nan indah yang hidup di perarian Alor.

Berlokasi di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar.

Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

surga bawah laut3

Pulau Komodo

Pulau Komodo dikenal dengan Pulau Padar, merupakan Taman Nasional Komodo atau habitat kadal raksasa purba yang hingga saat ini masih hidup di dunia.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat kecantikan bawah lautnya dengan cara menyelam, snorkeling atau diving.

Terdapat beberapa titik selam di Pulau Komodo. Seperti Pantai Merah, Batu Bolong, Batu Tiga, Manta’s Point, dan juga Tatawa Besar yang menjadi beberapa pilihan diving spot favorit para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

surga bawah laut4

Kepulauan Derawan

Berlokasi di Kalimantan Timur, terdapat 31 gugusan kepulauan yang indah. Serta, Derawan merupakan rumahnya aneka biota laut yang cantik dan menarik. Inilah yang membuat Kepulauan Derawan menjadi spot terbaik untuk diving.
Terdapat beberapa rekomendasi tempat diving favorit di kawasan Derawan, antara lain Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan juga Pulau Kakaban yang dikenal akan keberadaan ubur-ubur yang tak menyengat.

surga bawah laut5

Raja Ampat

Kemolekan Raja Ampat memang sudah tidak diragukan lagi. Pemandangannya lebih dari indah, banyak spot & spot menarik yang bisa dijelajahi. Misalnya bagi pecinta olahraga air, bisa menelusuri bagian perairan di kawasan ini.

Memiliki pantai yang belum terjamah dipadukan dengan suasana asri, dan dihiasi dengan air jernih yang menawarkan pemandangan yang indah untuk melihat beraneka warna terumbu karang serta penampakan ikan pari, hiu, kura-kura dan ubur-ubur.

Di bagian utara Raja Ampat, Anda dapat mengunjungi Pulau Misool yang berbatasan langsung dengan Laut Seram. Letaknya cukup jauh dari pusat Raja Ampat, Misool memiliki sejuta pesona yang mungkin tidak Anda jumpai di tempat lain.

Ada banyak titik penyelaman atau dive spot yang bisa Anda jelajahi. Satu di antaranya adalah Boo Window yang terumbu karangnya membentuk jendela bulat.

TOPIK SERUPA | Tak Cuma di Tiang, Bendera Merah Putih Juga ‘Berkibar’ di Bawah Laut Lombok

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, saking bangganya kepada bendera merah putih, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus selalu menjadi momen spesial bagi seluruh warga tanah air. Pada peringatan HUT RI ke-74 tahun ini, seperti biasa masyarakat melakukan beragam perayaan.

Mulai dari upacara bendera di lapangan hingga karnaval dan beragam perlombaan yang seru dan menarik. Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di Hari Kemerdekaan Indonesia, Komunitas 1000 guru, Divers Clean Action dan PT Fast Food Indonesia (KFC) merayakannya bersama di SDN Gondang 01. Perayaan dimulai dengan upacara bendera. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bermain dan belajar bersama Komunitas 1000 guru.

Kegiatan ini salah satu cara trauma healing pasca gempa yang melanda Lombok tahun lalu.

“Kita pingin mereka lupa dengan trauma. Mereka bisa baca, bermain, bahagia dan dapat ilmu serta dapat melupakan traumatik pasca gempa,” kata penggagas Komunitas 1000 Guru, Jemi Ngadiono kepada di Lombok, Sabtu, 17 Agustus 2019 silam.

sumber/foto | okezone/anekasumber

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment