#

Pantau Pelayanan Kesehatan, Bupati Gelar Sidak di RSUD Dr Hadrianus Sinaga

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan sidak
Advertisement

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan sidak (inspeksi mendadak) di RSUD Dr Hadrianus Sinaga. Sidak guna melihat pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Senin (7/6/2021).

Turut dalam sidak, Ketua Komisi I DPRD Samosir Saur Tua Silalahi, Kadis Kominfo, dan Sekretaris Dinas Kesehatan.

Kunjungan Bupati untuk memastikan seluruh pelayanan yang ada pada setiap unit di rumah sakit sudah berjalan dengan baik. Serta sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Dalam sidaknya, Bupati Vandiko langsung menuju pelayanan publik yang ada di IGD. Bupati menanyakan kepada petugas mengenai prosedur pelayanan dan rujukan, dan mengecek kehadiran tenaga medis. Termasuk jumlah dokter spesialis yang ada dengan kebutuhan rumah sakit saat ini.

“Hari ini kita ingin melihat langsung pelayanan yang dilakukan rumah sakit terhadap masyarakat. Termasuk kesiapan tenaga medis dan nonmedis. Kepada seluruh tenaga medis saya meminta agar selalu memberikan pelayanan prima. Apalagi daerah kita merupakan destinasi wisata,” jelasnya.

Bupati juga meminta kepada petugas pelayanan agar tidak menolak pasien yang datang ke rumah sakit, walau bukan berdomisili di Samosir. “Saya minta kepada petugas, jika ada pasien yang datang harus mendahulukan keluhan dan penanganannya. Seluruh pelayanan harus berlaku dengan sepenuh hati,” pintanya.

Covid-19 di Samosir

Terkait penanganan Covid-19, Bupati meninjau ketersediaan obat dan ruangan isolasi. Bupati juga meninjau beberapa sarana dan prasaranan rumah sakit yang perlu perbaikan. Termasuk instalasi dan kebersihan ruangan.

“Saya juga menyarankan agar pihak rumah sakit menyiapkan layanan hotline. Agar keluhan dari masyarakat bisa juga diketahui oleh direktur rumah sakit dan bisa direspon dengan cepat. Sekali lagi saya meminta kepada seluruh dokter dan perawat untuk ‘stand by’ sesuai standar pelayanan. Dan kita bisa melayani dengan sepenuh hati dan rasa tanggungjawab,” tegasnya.

Ketua Komisi I DPRD Samosir Saur Tua Silalahi yang juga turut dalam sidak ini, mengatakan dalam menyikapi peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir saat ini agar seluruh petugas pelayanan rumah sakit tetap mengikuti protokol kesehatan. Ia juga memberi masukan perlunya kerja sama antara Dinas Kesehatan dan RSUD, dan memastikan pelayanan kesehatan bisa sampai ke desa-desa.

Sementara itu Direktur RSUD dr Friska Situmorang mengatakan, kedatangan Bupati adalah untuk memberikan masukan kepada pihaknya. Sehingga ke depan dapat meningkatkan pelayanan.

Dokter Friska juga menjelaskan bahwa saat ini RSUD Dr Hadrianus Sinaga memiliki 17 dokter spesialis, 10 dokter umum, dan 1 dokter gigi. Semua dokter spesialis bekerja full time. Kecuali dokter jantung dan THT yang bekerja hanya tiga hari. Yakni, dokter jantung pada Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Kemudian dr THT pada Hari Rabu, Kamis, dan Jumat.

Setelah monitoring pelayanan di RSUD, Vandiko dan Saur Tua Silalahi meninjau fasilitas Rumah Tunggu Kelahiran yang berada tidak jauh dari rumah sakit. RTK ini merupakan tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan pendampingnya selama beberapa hari sebelum menunggu persalinan dan sesudah bersalin. Bupati meminta pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk memperbaiki dan menambah fasilitas yang tersedia.

reporter | TIM

Advertisement

Related posts

Leave a Comment