Kota Lama Direvitalisasi, Bobby Nasution Kembalikan Kesawan sebagai Pusat Perekonomian

Kota Lama

topmetro.news – Pembenahan terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Kota Lama Medan, terutama kawasan Kesawan sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan Kota Medan pada masa lampau. Selain ingin mengembalikan dan mempertahankan cagar budaya yang sudah banyak berubah, Bobby Nasution juga ingin menjadikan kawasan itu tidak hanya sekedar sebagai pusat kuliner dan budaya saja, tapi juga sebagai pusat perekonomian sekaligus menjadi ikon baru ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Dengan dipenuhi banyak bangunan bersejarah yang kaya akan nilai artistik tinggi, Bobby Nasution pun ingin mengkolaborasikan keistimewaan yang dimiliki kawasan Kota Lama Kesawan dengan aneka kuliner tradisionil Kota Medan yang selama ini terkenal memiliki dua rasa yakni enak dan enak sekali. Dari kolaborasi ini lah muncul gagasan cerdas Bobby Nasution untuk mem-branding kawasan Kesawan nantinya menjadi The Kitchen of Asia.

Dapur Asia yang ingin disampaikan Bobby Nasution dalam branding Medan The Kitchen of Asia, ingin menampilkan proses pembuatan kuliner mulai dari bahan mentah hingga siap saji dengan mengemasnya sebagai sebuah pertunjukan entertainment menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Tentunya ini akan menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jika ini terwujud, kawasan Kota Lama Kesawan akan kembali menggeliat menjadi pusat perekonomian seperti tahun 1900-an.

Sebagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut, Bobby Nasution pun mengawalinya dengan membenahi kawasan Kota Lama Kesawan melalui revitalisasi. “Pembenahan yang dilakukan dengan mengembalikan bangunan yang ada seperti bentuk semula. Sebab, tidak sedikit bangunan yang telah berubah bentuknya. Padahal bangunan-bangunan itu memiliki kisah sejarah yang menarik,” kata Bobby Nasution belum lama ini.

Pemikiran cerdas Bobby Nasution ini pun menuai apresiasi dan dukungan dari Nicholas Marpaung SAB MSi selaku akademisi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Nicholas menilai, langkah yang dilakukan Bobby Nasution sangat bagus, tepat dan inovatif. Sebab, Kesawan diketahui mempunyai nilai Historis yang sangat kuat dan menjadi saksi sejarah perkembangan Kota Medan dari dulu sampai sekarang. Ditambah lagi, imbuhnya, Kesawan juga menjadi titik kuat dan cikal bakal menjadikan Medan sebagai kota megapolitan.

Nicholas mengungkapkan, kejayaan Kesawan pada masa lampau bisa dilihat saksi maupun situs – situs bersejarah yang masih tertinggal di kawasan tersebut, seperti bangunan – bangunan yang memiliki nilai artistik tinggi dan kental dipengaruhi gaya Eropa. Oleh karenanya Nicholas menyambut baik dan mendukung upaya Bobby Nasution untuk mengembalikan kejayaan Kota Medan seperti masa lampau yang dimulai dari kawasan Kesawan. Termasuk, menjadikan kawasan itu sebagai pusat perekonomian dan perdagangan seperti masa kejayaannya dulu.

“Saya rasa semua orang harus mengapresiasi upaya yang dilakukan Wali Kota dan tentunya ini menjadi langkah yang cukup bagus. Saya rasa ini tidak ada kesulitan bagi Pemko Medan, terutama Pak Bobby Nasution untuk mewujudkannya sekaligus menjadikannya sebagai ikon Kota Medan. Sekali lagi, apa yang dilakukan Pak Bobby Nasution harus diapresiasi dan tindakan yang sangat bagus karena memiliki potensi ke depannya,” ungkapnya.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Nicho ini mencontohkan kawasan Malioboro Jogjayakarta yang sudah sangat terkenal. Saking terkenalnya, orang yang hanya mendatangi Malioboro dianggal telah mengunjungi seluruh Jogyakarta. Nah Kota Medan, ungkap Nicho, punya faktor – faktor pendukung sehingga nantinya kawasan Kota Lama Kesawan akan terkenal seperti Malioboro saat ini. Salah satunya, terangnya, mengembangkan Kesawan menjadi pusat kuliner dan ikon peradapan Kota Medan.

Selama ini, kata Nicho, orang selalu datang ke Kota Medan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak ada di kota Medan, seperti Danau Toba maupun Brastagi. Untuk itu, Nicho berharap dengan penataan yang dilakukan Bobby Nasution membuat banyak orang mengetahui bahwa Kota Medan memiliki ikon yakni Kota Lama Kesawan sebagai pusat perekonomian yang dipadu dengan budaya dan kulinernya. “Saya optimis Kesawan akan menjadi ikon baru Kota Medan,” ujrnya optimis.

Guna mewujudkan Kota Lama Kesawan menjadi pusat perekonomian sekaligus ikon baru Kota Medan, Nicho berharap dukungan semua pihak. Artinya, jelas Nicho, semua pihak harus mendukung dan menjadi kekuatan dengan mengambil peran sesuai dengan bidangnya masing-masing. Apabila ini terwujud, Nicho yakin para pelaku UMKM yang dilibatkan dalam pengmbangan Kesawan akan naik kelas. Namun para pelaku UMKM itu, sara Nicho, harus diberi sosialisasi dan edukasi dengan manajemen-manajemen sumber daya manusia guna menjaga konsistensi pengelolaan kuliner di kawasan tersebut. “Ini menunjukkan keseriusan Pak Bobby Nasution untuk mengembangkan Kesawan dengan melibatkan pelaku UMKM,” paparnya.

Nicho kemudian menyampaikan masukan yang harus dilakukan agar para pengunjung yang mengunjungi kawasan Kota Lama Kesawan akan merasa aman dan nyaman. Pemko Medan, saran Nicho, harus mempersiapkan akomodasi di Kesawan. Dia melihat, Kesawan mayoritas dikelilingi hotel-hotel berbintang. Nicho berharap agar Pemko Medan dapat menghadirkan hotl-hoel dengan budget murah, sebab orang yang mengunjungi Kesawan nantinya bukan yang berduit saja, tapi juga masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.
Selain akomodasi, lanjut Nicho, Pemko Medan harus memperhatikan transportasi. Dikatakannya, akses dari Bandara Kuala Namu menuju Kesawan terbilang jauh. Karenanya, perlu dipikirkan bagaimana mempersingkat waktu sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara cepat sampai ke Kawasan Kota Lama Kesawan. Kemudian, imbuhnya, bisa ditambah pendukung seperti wifi zone atau sarana sanitasi.

“Yang tidak kalah pentingnya adalan entertainment. Sebab, orang biasanya mengunjungi suatu tempat bukan hanya sekedar untuk menikmati budaya dan kuliner saja, tapi juga entertainment. Tentunya faktor-faktor ini harus dipikirkan dalam mendukung Kawasan Kota Lama Kesawan menjadi pusat perekonomian sekaligus ikon baru Kota Medan,” sarannya.

Penulis | Rizaldi Gultom

Related posts

Leave a Comment