Propam Poldasu Amankan Oknum Polwan, Diduga Terlibat Percaloan Casis Bintara Polri

Propam Poldasu Amankan Oknum Polwan, Diduga Terlibat Percaloan Casis Bintara Polri

topmetro.news Petugas Bidang Profesi dan Pengaman (Bid Propam) Polda Sumut mengamankan seorang polisi wanita (Polwan) Polrestabes Medan karena diduga terlibat percaloan calon siswa (Casis) Bintara Polri TA 2021.

Selain mengamankan Bripka LA, Propam Poldasu juga memintai keterangan puluhan Casis Bintara Polri dan joki.

Kabid Humas Poldasu, Kombes Hadi Wahyudi mengakui adanya penangkapan oknum Polwan yang diduga terlibat percaloan Casis bintara Polri Poldasu tersebut.

“Benar, saat ini masih didalami Propam. Untuk jelasnya nanti akan dirilis Pak Kapolda,” kata Hadi.

Hadi belum bersedia memberikan keterangan lebih rinci karena masih pendalaman.

Sementara informasi diperoleh, oknum Polwan Bripka LA yang bertugas di Polrestabes Medan “merekrut” 28 Casis Bintara Polri Poldasu TA 2021.

Modus operasi yang dilakukan dengan melibatkan joki untuk masing-masing Casis Bintara. Para joki itu berasal dari luar Sumatera Utara, yakni Jakarta, Bandung dan lain-lain.

Kasus itu terbongkar setelah adanya laporan dari salah seorang Casis Bintara Polri di luar dari 28 yang diurus Bripka LA.

“Seorang Casis melaporkan kecurigaannya kepada seorang polisi pengawas yang menyebutkan seorang Casis yang tidak pernah mengikuti test sebelumnnya, namun masuk mengikuti ujian akademik,” sebutnya.

Dengan laporan itu, petugas tadi mengamankan oknum joki dimaksud dan setelah diinterogasi mengakui.

“Berawal dari keterangan itu, dia menyebut direkrut oknum Polwan Bripka LA. Lalu, Bripka LA diamankan untuk diperiksa,” sebutnya

Dalam pemeriksaan, sebut sumber lagi, Bripka LA mengakui keterlibatannya dalam pengurusan Casis Bintara Polri Polda Sumut TA 2021.

Setelah itu, tambah sumber, Propam Poldasu menginventarisir nama-nama 28 Casis binatara Polri itu. “Ada yang diamankan dari lokasi ujian,” ujarnya lagi.

Dengan terbongkarnya kasus percaloan itu, ujar sumber lagi, para Casis Bintara Polri itu menjadi protes kepada oknum Polwan tersebut karena mereka khawatir akan gagal menjadi polisi.

Sementara sumber di Mapoldasu menyebutkan, ke-28 Casis Bintara Polri itu langsung ddiskualifikasi.

reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment