Segudang Manfaat Petai untuk Kesehatan, Simak di Sini

Segudang manfaat petai

TOPMETRO.NEWS – Segudang manfaat petai, sayangnya masih banyak yang belum mengetahuinya. Ya, petai (bahasa orang Medan, ‘pe te’), sebuah panganan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Petai bahkan menjadi favorit bagi sebagian masyarakat. Petai, pun banyak disajikan sebagai lalapan, petai ternyata memiliki segudang manfaat. Petai terkenal karena memiliki dan menyebabkan bau yang khas setelah dikonsumsi.

Meski begitu, tumbuhan yang termasuk kedalam jenis kacang-kacangan ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.

Mulai dari serat, lemak, vitamin c, b6, e dan macam-macam kandungan mineral seperti zat besi, kalium, kalsium dan magnesium. Petai juga kaya akan berbagai antioksidan seperti tanin, polifenol dan flavonoid.

Dilihat dari banyaknya nutrisi yang terdapat dalam petai, tidak heran banyak yang menggemari petai. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi petai bagi kesehatan

1. Kontrol Gula Darah

Dalam ilmu medis, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa (gula) didalam darah. Gula darah berperan penting untuk mengetahui tingkat kesehatan. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menjadi tanda seseorang terkena penyakit berbahaya, salah satunya diabetes. Jika dibiarkan tanpa penanganan, penyakit ini dapat menyebabkan datangnya penyakit-penyakit berbahaya lain sehingga timbul komplikasi.

Petai dapat menjadi satu makanan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini karena petai mengandung kadar antioksidan yang tinggi serta vitamin b6 dan stigmasterol yang mampu menahan lonjakan gula darah. Kandungan ini juga membuat petai baik untuk meningkatkan imun tubuh.

2. Atasi Masalah Pencernaan

Kandungan lain yang banyak dimiliki oleh petani adalah serat. Konsumsi serat yang cukup dapat melancarkan dan menyehatkan saluran pencernaan agar terhindar dari penyakit sembelit. Serat juga berperan penting dalam membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan dorongan untuk makan secara berlebihan. Petai juga memiliki efek semacam antasida alami yang dapat membantu tubuh meringankan rasa nyeri atau mulas di perut.

3. Pulihkan mood

Manfaat yang juga akan dirasakan setelah mengkonsumsi petai adalah emosi yang semakin stabil. Hal ini disebabkan karena petai mengandung protein bernama triptofan yang merupakan bahan pembentukan serotonin. Fungsi serotonin sendiri bagi tubuh adalah meningkatkan perasaan nyaman dan santai.

Kandungan kalium dalam petai juga cukup tinggi sehingga dapat membantu menormalkan kerja jantung yang berlebih, meningkatkan kadar oksigen ke otak, dan mengimbangi kadar air yang diedarkan. Proses ini bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan tubuh.

4. Lawan radikal bebas

Radikal bebas, senyawa berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Sebut saja sakit jantung, alzheimer, artritis dan banyak penyakit lain. Petai adalah salah satu makanan yang mengandung kadar antioksidan tinggi dan dipercaya mampu menangkal efek dari radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia.

Meski memiliki banyak manfaat baik, petai tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi petai yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Selain itu, petai juga dikenal memiliki kandungan purin yang tidak baik bagi penderita asam urat.

Jika ingin tubuh yang sehat, maka konsumsi makanan harus diimbangi dengan pola makan yang baik dan olahraga yang teratur. Sangat tidak direkomendasi untuk memanfaatkan petai sebagai pengganti obat-obatan.

BACA PULA | Simak 12 Manfaat Jeruk Purut untuk Sehat dan Cantik

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, manfaat jeruk purut dikenal sejak lama sebagai penambah aroma dan rasa masakan. Selain jadi resep yang menamba citarasa, ternyata jeruk purut menyimpan banyak manfaat lain bagi kesehatan dan kecantikan.

Kalau diolah secara tepat, jeruk purut akan memberikan nutrisi dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain daging buahnya, jeruk purut bisa dimanfaatkan dari daun, minyak dan kulitnya.

Berikut manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah tak diragukan lagi.

sumber/foto | ayosemarang
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment