Hindari Covid-19, Warga Medan Vaksinasi Bersama BUMN

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN

topmetro.news – Sentra Vaksinasi Bersama BUMN mulai berlangsung di Medan, Sumatera Utara (Sumut), dengan target, mampu mengubah status kota tersebut dan wilayah Sumut menjadi zona yang lebih aman di tengah pandemi.

Saat ini, Medan dan beberapa ibukota provinsi di Indonesia kembali berada di status zona merah saat Pandemi Covid-19 merebak lagi di Tanah Air.

Menteri BUMN Erick THohir menekankan hal itu saat meresmikan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk wilayah Sumut yang berpusat di Polonia, Medan, Sabtu (26/6/2021).

Peresmian Sentra Vaksinasi ke-7 yang sudah dilakukan Kementerian BUMN dan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, serta Indonesia Healthcare Corporation (IHC), Holding Rumah Sakit tersebut, dihadiri Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

“Saya mengingatkan pandemi ini belum berakhir. Saat ini status zona merah muncul di berbagai kabupaten dan juga ibukota provinsi. Meskipun upaya-upaya maksimal sudah dan terus dilakukan oleh pemerintah, namun harus mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat. Saya ingin sentra vaksinasi di Medan ini dapat respon positif warga Sumut, agar mau ikut vaksin. Sehingga kota ini berada di zona aman. Apalagi sentra vaksin ini terbuka bagi siapa saja yang belum dapat vaksin,” ujar Erick Thohir.

Data Covid-19 Sumut

Berdasarkan data dari covid19.sumutprov.go.id/, status kota Medan yang berpenduduk 2,43 juta orang atau 16,46% dari seluruh penduduk Sumut berada di zona merah. Yakni dengan penambahan kasus di atas 30 orang setiap harinya.

Selain itu, cakupan persentase jumlah warga Sumut yang sudah menjalani vaksinasi masih rendah. Secara nasional, cakupan vaksin pertama di Sumut berada di peringkat 20 nasional dengan 40,23%. Sedangkan untuk vaksin kedua baru 21,58% atau di posisi 23 nasional.

“Sentra vaksinasi di Medan ini ditargetkan 5.000 orang per hari. Saya yakin bisa tercapai, karena semua orang dari berbagai kalangan bisa ikut vaksin di sini demi mengejar percepatan. Saya minta agar semua orang lebih berdisiplin dalam menjalankan 3M. Semoga usaha ini mendapat kemudahan dari Yang Kuasa agar kita bisa melewati pandemi ini,” ungkap Menteri Erick Thohir.

Untuk melayani sentra vaksinasi di lokasi eks bandara tersebut, Kementerian BUMN menerjunkan 250 tenaga kesehatan dengan koordinasi dari RS Pertamina Pangkalan Brandan. Serta melibatkan pusat layanan kesehatan di Kota Medan, seperti Puskesmas Glugur Darat, Tegal Sari, Tuntungan, Simalingkar, dan Terjun.

Hingga saat ini, ada enam Sentra Vaksinasi Bersama BUMN yang sudah berlangsung oleh Kementerian BUMN. Antara lain, di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Banyumas. Serta sudah mampu memvaksin 1,6 juta orang.

penulis | Erris J Napitupulu

Related posts

Leave a Comment