34 Ribu Warga Binaan di Lapas/Rutan se-Sumut Belum Divaksin

34 Ribu Warga Binaan di Lapas/Rutan se-Sumut Belum Divaksin

topmetro.news Sebanyak 34 ribu warga binaan yang mendekam di 39 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) se-Sumatera Utara menunggu untuk mendapat vaksinasi dari pemerintah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Kanwil Sumatera Utara, Anak Agung Gde Krisna, mengaku pihaknya dan jajaran Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kemenkumham Kanwil Sumatera Utara telah mengajukan surat permintaan vaksinasi terhadap pegawai dan warga binaan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

“Kita sudah lama ajukan permintaan vaksinasi terhadap warga binaan. Sama dengan permintaan vaksin terhadap pegawai Lapas dan Rutan. Mungkin persoalan waktunya saja,” ungkap Krisna kepada topmetro.news, Senin (28/6/2021).

Ia juga mengurai, permohonan untuk Kemenkumham Kanwil Sumatera Utara diajukan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Lalu untuk Lapas dan Rutan diajukan ke Dinas Kesehatan tingkat Kabupaten/Kota di daerah masing-masing.

“Mekanismenya seperti itu. Kita sudah sampaikan ke Dinas Kesehatan, jauh sebelum ada kasus jual beli vaksin kemarin,” imbuhnya.

Sampai saat ini, pihaknya terus berkordinasi dengan jajaran Dinas Kesehatan untuk menyegerakan proses vaksinasi khususnya terhadap warga binaan di Lapas dan Rutan.

“Vaksin terhadap warga binaan itu penting untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid 19 di Lapas dan Rutan. Vaksin ini sangat dibutuhkan. Kita terus mengingatkan ke jajaran Dinas Kesehatan. Mungkin tinggal menunggu waktu saja, kan bergilir,” sebutnya.

Disisi lain, kata Krisna, pihaknya juga siap membantu Dinas Kesehatan untuk memberikan vaksinasi terhadap warga binaan. Tenaga-tenaga kesehatan yang berada di Lapas dan Rutan dapat dijadikan sebagai vaksinator.

“Kan kita punya banyak warga binaan, tentu membutuhkan tenaga kesehatan yang banyak pula. Oleh karena itu, kita telah melatih tenaga kesehatan kita agar bisa memberikan vaksin. Dan mereka semua juga mempunyai sertifikat,” imbuhnya.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment