Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Warga Diimbau Waspada

gunung sinabung erupsi

Topmetro.News – Gunung Sinabung erupsi lagi, Minggu, (4/7/2021) sekitar pukul 22.15 WIB dengan tinggi kolom abu tidak teramati akibat cuaca kabut. Alat pengukur seismogram menunjukkan amplitudo maksimum 120 mm dengan durasi kurang lebih 1 menit 25 detik.

Kini Gunung Sinabung berada di level tiga atau siaga dengan rekomendasi agar masyarakat tidak mendekat dengan jarak minimal tiga kilometer dari kawah, serta radius sektoral 5 kilometer ke arah Selatan dan timur, dan empat kilometer ke arah Timur dan utara.

Petugas pos pengamatan Gunung Sinabung mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker terutama bila terjadi hujan debu (abu).

“Kami mengimbau masyarakat di sekitar wilayah sinabung untuk selalu menggunakan masker bila terjadi hujan abu, terutama saat ini merupakan masa pandemi,” kata Dery Alhidayat A Md, petugas pos pengamatan, Senin (5/7/2021).

Selain itu dia juga mengingatkan warga yang bermukim di dekat aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk mewaspadai adanya potensi banjir lahar dingin yang sewaktu-waktu dapat terjadi, terutama bila terjadi hujan di kawasan Sinabung seperti saat ini.

Walau begitu, sektor pariwisata di sekitar Sinabung masih aman untuk dikunjungi wisatawan.

Pelancong yang ingin berkunjung juga dianjurkan selalu menggunakan masker dan sesuai protokol kesehatan tentunya.

TOPIK TERKAIT | Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 2.000 meter menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Muhammad Asrori, Petugas PVMBG mengatakan, erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 11.19 WIB, dengan menyemburkan abu putih tebal dengan tinggi kolom 2.000 meter yang bergerak mengikuti angin ke arah timur.

“Erupsi terekam dengan amplitudo 66 mm dengan durasi 5 menit 19 detik,” katanya.

Dia mengimbau kepada warga maupun wisatawan untuk tidak mendekat atau memasuki zona bahaya Sinabung yang sudah direkomendasikan.

sumber\foto | gosumut
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment