KNPI Dukung Langkah-langkah Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara

KNPI Sumut Dukung Langkah-langkah Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara

topmetro.news – DPD KNPI Sumut dukung langkah-langkah percepatan vaksinasi Covid-19 oleh Polda Sumatera Utara umumnya Pemprov Sumut. Misalnya seperti penambahan vaksinator atau tenaga vaksin ke kabupaten/kota oleh Polda Sumut pada Sabtu (10/7/2021).

“DPD KNPI Sumut juga siap melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 bekerja sama dengan Polda Sumut. Saat diundang menghadiri apel di Mapolda Sumut kemarin, hal itu sudah saya sampaikan ke Bapak Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak melalui Dir Binmas Poldasu Kombes Pol Sofyan H sebelum acara apel dimulai. Dan Alhamdulillah. Respons Beliau sangat baik dan positif,” ucap Ahmad Khairuddin kepada wartawan di Medan, Minggu (11/7/2021).
.
DPD KNPI , katanya,Sumut akan melaksanakan HUT KNPI pada 23 Juli sekaligus kegiatan vaksinasi. “Polda Sumut siap membantu vaksin dan tenaga vaksin. Hanya persiapan KNPI saja untuk mengusulkan jumlah peserta yang akan ikut vaksin serta tempatnya,” katanya.

Ahmad Khairuddin menambahkan, selain kerja sama dengan Polda Sumut, KNPI siap bersinergi dengan Pemprov Sumut. Juga dengan pemkab/pemko se-Sumut, untuk menekan angka paparan Covid-19.

“KNPI Sumut akan bahu-membahu dengan semua stakeholder. KNPI siap menjadi relawan menumpas penyebaran Covid-19 sebagaimana arahan dari Ketua Umum DPP KNPI Mustahuddin,” ucapnya.

Tambahan Vaksinator

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak memimpin Apel Tambahan Vaksinator di Lapangan KS Tubun, di Mapolda Sumut, Sabtu (10/7/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Hadir dalam apel, Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, Kasdam I/BB, Kabinda Sumatera Utara, Waka Poldasu, Asisten Personel mewakili Pangkosek Hanudnas III, Danlantamal I Belawan, Wali Kota Medan Bobby Nasution, para pejabat utama Polda Sumatera Utara, para Kapolres serta Dandim 0201/BS, kepala daerah dan unsur Forkopimda kabupaten/kota yang berkenan hadir dan mengikuti langsung melalui sarana virtual zoom meeting.

Selain itu, turut pula perwakilan elemen mahasiswa dan pemuda serta organisasi masyarakat termasuk KNPI Sumut.

Irjen Panca Putra Simanjuntak menyampaikan ucapan terima kasih kepada vaksinator dan seluruh kelompok dan elemen masyarakat yang telah mengikuti apel persiapan vaksinator tambahan tersebut.

Kepada Gubernur Sumut, Kapolda melaporkan, bahwa kelompok masyarakat mulai civitas akademika, kelompok mahasiswa, kelompok organisasi kemasyarakatan, kelompok pemuda, dan organisasi keagamaan siap mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi di Sumatera Utara.

Data Covid-19 Sumut

“Untuk Sumatera Utara data terakhir yang kita terima pada 9 Juli tahun 2021, masyarakat yang terkonfirmasi sebanyak 336 orang yang berakibat terhadap penambahan korban menjadi 3.836 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Untuk yang meninggal dunia bertambah 5 orang. Dengan demikian total yang meninggal dunia akibat Covid-19 menjadi 1.228 orang. Tentu kondisi ini harus terus kita sikapi bersama. Dan kita tangani secara terpadu dengan seluruh komponen masyarakat. Dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemahaman masyarakat bahwa menjaga diri itu menjadi cara paling jitu untuk mencegah penyebaran Covid 19,” ujar Kapolda.

Irjen Panca mengatakan, selain operasi yustisi, pihaknya terus melaksanakan operasi penegakan hukum. Termasuk soal ketaatan para pelaku usaha untuk terus memperhatikan Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan usahanya.

“Selain itu langkah yang kita lakukan adalah penerapan PPKM mikro pada zona merah dan orange yang ada di wilayah Sumatera Utara. Kami laporkan kepada Gubernur dan teman-teman sekalian, yang lain yang kita laksanakan adalah bagaimana kita melakukan percepatan vaksinasi secara massif kepada masyarakat. Target kita di wilayah Sumatera Utara vaksinasi sebanyak 9.400.118 orang,” sebutnya.

Sehingga, lanjut Panca, selain meningkatkan jumlah vaksinator tambahan sebanyak 5.000 vaksinator, harus pula ada dukungan semua elemen, tokoh agama, dan kelompok organisasi dan masyarakat.

“Keberhasilan kegiatan vaksinasi ini tidak hanya dapat diserahkan kepada pemda, TNI dan Polri. Tetapi perlu dukungan seluruh komponen masyarakat. Saatnya kita harus bergandengan tangan untuk mengatasi pandemi. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi massal dan menambah kekuatan di lapangan. Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden RI yang menargetkan mulai Agustus 2021 akan ada dua juta vaksinasi per hari,” kata Kapolda.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment