Yamaha Keluarkan Motor Baru Bagasi Lebar, Iritnya Ngalahin BeAT

motor bebek baru

topmetro.news – Nggak mau kalah dengan Honda, Yamaha keluarkan motor bebek baru dengan kapasitas mesin 115 cc. Bebek baru ini punya level sebagai motor bebek entry level. Yakni sekelas Honda Revo atau Yamaha Vega ZR.

Tapi punya fitur sebagaimana keinginan banyak pengguna motor harian yang mementingkan utilitas. Yaitu bagasi yang cukup lega untuk ukuran sebuah bebek.

Di Indonesia rasanya hanya Supra X 125 helm in yang bisa memuat helm di dalam bagasinya. Itu pun sudah discontinue.

Selain keunggulan pada bagasi, motor ini juga punya konsumsi bahan bakar yang super irit.

BACA | Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Mesin Super Irit

Motor ini adalah Yamaha Finn yang belum lama rilis di Thailand dan menurut klaim, tembus 96,16 km/liter! Namun dengan catatan, untuk bisa seirit itu kecepatan motor tidak boleh lebih dari 60 km/jam dan berkendara secara halus.

Jika sesuai dengan klaim Yamaha Thailand, sekali full tank sebanyak 4 liter dengan bahan bakar sekelas pertalite yang cuma keluar Rp30 ribuan, maka bisa ngacir sejauh 384 km.

Hasil ini tentunya lebih irit dari Honda BeAT yang menurut klaim PT Astra Honda Motor bisa menempuh jarak 60,6 km/liter.

Pengukuran konsumsi bahan bakar seirit itu menggunakan metode ECE R40 dan komponen ISS (idling stop system) aktif.

Hasil ini juga lebih irit daripada motor bebek Honda Revo 110 FI, pemakaian bahan bakarnya 62,2 km/liter.

Bukan cuma sangat hemat bahan bakar. Mesinnya 4 tak satu silinder dengan kapasitas ruang bakar 114 cc dengan konstruksi over stroke-nya ini pun bisa ‘minum’ bensin yang lebih jelek dari Premium.

Karena rasio kompresinya yang sangat rendah, cuma 9,3:1.

Dan ternyata desain seperti itu sengaja, agar bisa ‘meminum’ bahan bakar campuran ethanol yang ada di pasaran Thailand. Yamaha Finn ini dlengkap dengan teknologi Flex-Fuel. Inilah yang membuatnya bisa menggunakan bensin dengan oktan rendah sekalipun.

Kutipan dari website resmi Yamaha Thailand, dengan Flex-Fuel ini, ECU atau electronic control unit mampu mendeteksi kualitas bahan bakar. Hal ini berlaku agar mesin Yamaha Finn ini bisa mengkonsumsi bensin oktan 85 yang lebih rendah dari bensin Premium 88.

Di Thailand, di pasaran ada bahan bakar E85 yang merupakan campuran antara bensin dengan ethanol yang terbuat dari nabati atau tumbuhan. Dengan menggunakan bahan bakar jenis ini, emisi gas buang lebih rendah daripada bensin reguler.

Jadi selain sangat irit, juga menjadi lebih ramah lingkungan.

Berapa harganya? Di Thailand terjual mulai 40.900 Bath atau sekitar Rp18 jutaan.

sumber | Otomania.com

Related posts

Leave a Comment