Pemkab Asahan Sembelih 118 Hewan Qurban

Pemkab Asahan menyembelih 118 ekor hewan qurban

topmetro.news – Pemkab Asahan menyembelih 118 ekor hewan qurban (95 ekor sapi dan 23 ekor kambing) pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Ke-118 ekor hewan qurban tersebut berasal dari Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Sekda dan seluruh OPD. Demikian disampaikan Bupati Asahan melalui Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar MSi, Selasa (20/7/2021).

Penyembelihan hewan qurban harus menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti intruksi Bupati Asahan. Yakni setiap OPD melaksanakan qurban di dinas masing-masing. Kemudian mengantarkan daging qurban tersebut ke tempat yang telah ditentukan, untuk dibagikan kepada masyarakat.

Sholat Idul Adha

Seluruh BKM dalam melaksanakan malam takbiran, Sholat ldul Adha dan penyembelihan hewan qurban harus mempedomani SE Menteri Agama RI No. 15 dan 16 perihal protokol kesehatan dan petunjuk teknis pelaksanaan. Di antaranya, menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menghindari kerumunan. Tidak melakukan takbiran keliling, takbiran di masjid/musholla dengan jumlah jama’ah terbatas. Sholat Idul Adha di masjid/musholla dan lapangan terbuka dengan mematuhi protokol kesehatan. BKM harus memantau jama’ah dari luar guna menghindari penyebaran Covid-19. Jika ada jama’ah yang terganggu kesehatannya segera menghubungi Satgas Covid-19 Kecamatan – Desa – Kelurahan.

Penyembelihan hewan qurban agar tidak menimbulkan kerumuman. Kemudian panitia menyalurkan daging hewan qurban kepada yang menerimanya dan membatasi/mengurangi mobilitas (tidak mudik, tidak berpergian ke tempat keramaian).

Hidayat menjelaskan, hewan qurban yang mereka sembelih sudah melalui pemeriksaan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Asahan. Tampak Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar MSi memantau secara langsung penyembelihan hewan qurban.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment