Kapal Pembangkit Listrik Asal Turki Tiba di Belawan

TOPMETRO.NEWS – Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) sudah tiba di Belawan, Sumatera Utara (Sumut). Kedatangan kapal yang disewa oleh PT PLN dari Pemerintah Turki tersebut dilayani oleh petugas pemandu dan kapal tunda Pelindo I.

Kapal tersebut sudah berlabuh di Perairan Belawan sejak Jumat (21/5) malam dan kini sudah disandarkan di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan.

“Pelindo I telah menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar kapal ini di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan,” kata General Manajer Pelabuhan Belawan, Yarham Harid

Ia mengatakan, untuk pelayanan kapal MVPP ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 7 kapal tunda, 3 orang pandu/pilot, dan penyiapan alur. Selain itu, juga memastikan kesiapan proses pelayanan kapal ini melalui koordinasi dan supervisi dengan berbagai pihak seperti Syahbandar dan OP.

“Pengecekan sarana prasarana dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar pelayanan kapal ini dapat berjalan lancar dan efisien,” tambah ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami.

Keberadaan MVPP ini diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Utara, sehingga tidak ada lagi masalah pemadaman listrik di wilayah Sumatera Utara.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Medan  dari Partai Gerinda Surianto SH mengharapkan kepada PLN  dengan kedatangan kapal tersebut, agar tidak lagi melakukan pemadaman listrik di Sumut. “Kita berharap juga agar kenaikan TDL juga bisa dibarengi dengan pelayanan maksimal dari PLN, “pungkasnya.

Untuk diketahui, kapal ini diberangkatkan dari Turki pada April lalu, yang serah terimanya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara T. Erry Nuradi.(TM/ISP)

Related posts

Leave a Comment