Pansus DPRD Medan Harapkan Sejumlah OPD Hadiri Rapat Lanjutan RPJMD 2021-2026

Pansus DPRD Medan Harapkan Sejumlah OPD Hadiri Rapat Lanjutan RPJMD 2021-2026

topmetro.news Anggota DPRD Medan yang tergabung pada Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 Kota Medan sepakat mengundang sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan dalam rapat lanjutan. Keterlibatan pimpinan OPD dalam pembahasan RPJMD dinilai sangat penting untuk mengsinkronkan sejumlah program dengan potensi yang ada.

“Sehingga tidak terjadi lagi program Copy paste. Masing-masing program sudah terukur dan dapat diketahui potensi pendapatan yang bakal digali. Ini situasi pandemi Covid 19, harus lebih peka dalam pengelolaan anggaran,” ungkap Ketua Pansus RPJMD, Sudari ST, usai menggelar rapat pembahasan Ranperda tentang RPJMD Kota Medan 2021-2026, pada Rabu (3/8/2021).

Hadiri Undangan Rapat

Ia meminta, pada rapat lanjutan RPJMD pada Sabtu (7/8/2021) mendatang, sejumlah dinas sebagai pelayanan dasar jajaran Pemko Medan dapat menghadiri undangan rapat. Seperti Dinas PU, Dinas PPKPR, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Terkhusus kepada pimpinan OPD tersebut, ditekankan harus mampu mengikuti ritme kerja Walikota Medan Bobby Afif Nasution. Begitu juga kepada sesama kabid program di jajaran OPD Pemko Medan, perlu melakukan koordinasi dan menyatukan persepsi. Sehingga, masing-masing program terencana dengan matang dan dapat menyesuaikan masa pandemi Covid 19,” timpalnya.

Menurutnya, banyak persoalan di tengah masyarakat Kota Medan yang patut disikapi serius. Diantaranya, masalah kemiskinan yang dapat memicu kesenjangan sosial.

“Menyikapi persoalan itu, sejumlah OPD perlu turun dan terlibat untuk pembahasan masalah sosial, pendidikan bahkan infrastruktur. Tentu RPJMD 5 tahun ke depan harus mengakomodir persoalan itu. Sama halnya dengan persoalan Covid 19. Banyak aspek yang terinbas maka perlu antisipasi sejak sini,” tekannya.

Ia meminta, aspek kesejahteraan masyarakat miskin masih perlu diperhatikan khusus. Perlu langkah konkrit dari Pemko Medan untuk menekan persoalan itu.

Sementara Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar ST mengaku sependapat dengan usulan anggota dewan. Untuk itu, Benny sepakat dan bersedia menghadirkan sejumlah OPD pada rapat lanjutan RPJMD.

Diketahui, rapat dipimpin Ketua Pansus, Sudari ST (PAN) didampingi Haris Kelana Damanik (Gerindra), Mulia Asri Rambe (Golkar), Edi Saputra (PAN), Parlindungan Sipahutar (Demokrat), Wong Cun Sen (PDIP) , Dedy Aksyari Nasution (Gerindra), Hendri Duin (PDI P), David Roni Ganda Sinaga (PDIP), Renville Napitupulu (PSI). Juga hadir Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar dan bagian hukum.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment