Gubsu Kunjungi Pengembangbiakan Pisang Barangan dan Kepok di Asahan

pengembangbiakan bibit pisang

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengunjungi PT Hijau Surya Biotechindo sebagai pengembangbiakan bibit pisang barangan dan kepok di Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat, Asahan, Jumat (6/8/2021).

Bersama Bupati/Wakil Bupati Asahan dan rombongan, Gubsu secara langsung melihat proses pengembangbiakan bibit pisang di laboratorium dan Nursery Hijau Surya PT Hijau Surya Biotechindo. Gubsu pun meminta kepada Pemkab Asahan mendukung pembibitan ini agar berkembang dengan baik.

Gubsu juga meminta kepada PT Hijau Surya Biotechindo agar berkerjsama dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan pembibitan itu. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Utara khususnya Asahan. Ia pun berharap, masyarakat Sumatera Utara dapat meniru apa yang telah PT Hijau Surya Biotechindo lakukan.

Direktur PT Hijau Surya Biotechindo Budi Chandra mengucapkan terima kasih kepada Gubsu, Bupati/Wakil Bupati Asahan dan rombongan yang telah melihat pengembangbiakan pembibitan pisang ini. “Kami membutuhkan dukungan dan arahan dari pemerintah daerah,” katanya.

Selanjutnys Gubsu, Bupati/Wakil Bupati Asahan dan rombongan melanjutkan kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan. Tampak hadir, Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Danyon 126/KC, Danlanal TBA, Sekda, OPD, camat, kepala desa, lurah, kepala SMA dan SMK.

PPKM di Asahan

Bupati Asahan H Surya BSc mengucapkan selamat datang kepada Gubsu dan rombongan. Bupati menyampaikan bahwa Asahan saat ini berada pada PPKM Level 3 dengan update data sejak 1 Maret hingga 5 Agustus 2021. Sebaran Covid-19 di Asahan: Suspek 0 orang, terkonfirmasi 1.900 orang, dalam perawatan 206 orang, sembuh 1.538 orang, dan meninggal 156 orang.

Asahan telah menerima dosis tahap I sebanyak 43.912 orang (39,5%). Dosis tahap II sebanyak 26.960 orang (24,2%). Dengan total sasaran berjumlah 111.030 orang (tenaga kesehatan 2.155 orang, lansia 64.773 orang, guru 13.760 orang, TNI 738 orang, Polri 712 orang, dan masyarakat 28.892 orang).

Tambahan vaksin untuk masyarakat umum usia 18 sampai 49 tahun dan masyarakat rentan usia 50 sampai 59 tahun untuk dosis I sebanyak 4.651 orang. Kemudian dosis II sebanyak 1.013 orang. Upaya pemerintah dalam pencegahan dengan terus mengajak masyarakat agar selalu mematuhi prokes, mengoptimalkan posko di tingkat kelurahan dan desa.

Kabupaten Unggulan

Gubsu mengatakan, Asahan merupakan salah satu kabupaten unggulan di Sumatera Utara. Asahan dapat menjanjikan kesejahteraan rakyat sehingga mempercepat Sumatera Utara bermartabat. Keberhasilan Pemkab Asahan terletak pada kepala desa/lurah. Untuk itu, kepala desa/lurah agar mampu memberikan contoh yang baik kepada masyarakatnya.

Dalam membangun desa, kepala desa supaya menggunakan Dana Desa (DD) dengan sebaik-baiknya. Sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.
kepala desa harus mampu menggali potensi yang ada di desanya. Sehingga dapat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat. Pemprov Sumut mendukung mengembangkan potensi desa tersebut.

Gubsu meminta kepada kepala SMA dan SMK untuk mendidik generasi penerus dengan baik. “Jadikan generasi penerus di Sumatera Utara khususnya di Asahan memiliki kreativitas dan kualitas yang dapat membawa bangga nama Sumatera Utara khususnya Asahan. Kita tidak boleh menyerah dalam memajukan generasi bangsa terutama generasi Sumut. Saya akan bergandengan tangan dengan pemerintah kabupaten/kota se-Sumut dalam memajukan Sumut,” katanya.

Gubsu mengimbau kepada masyarakat Sumut khususnya Asahan untuk mematuhi prokes Covid-19. Dalam kesempatan tersebut, Gubsu menyerahkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) kepada SMA/SMK.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment