Pemko Diingatkan Program Ekonomi untuk Milenial

Pemko Diingatkan Program Ekonomi untuk Milenial

topmetro.news Dampak pandemi Covid-19 menjadi perhatian dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 yang dilaksanakan pansus RPJMD dalam sepekan kemarin. Pemko Medan diminta untuk memperhatikan persoalan dan ketersedian lapangan pekerjaan khususnya bagi kalangan muda atau milenial.

Wakil Ketua Pansus RPJMD 2021-2026, Syaiful Ramadhan mendorong Pemko Medan membuat terobosan agar persoalan yang diakibatkan efek pandemi Covid 19, bisa segera diatasi.

“Dampak pandemi Covid sangat besar, terutama lahirnya pengangguran akibat perusahaan tidak mampu lagi membuka usahanya. Kondisi ini diperparah oleh mereka yang lulus sekolah dan kuliah. Kemudian susah dan tidak mendapatkan lapangan pekerjaan,” ungkap Syaiful kepada wartawan di DPRD Medan, Senin (9/8/2021).

Ia melihat, banyak masyarakat yang di PHK, dan Pemko Medan harus membuat terobosan untuk menjawab hal tersebut.

“Saya tidak melihat program peningkatan kapasitas dilakukan Pemko Medan. Padahal program tersebut bisa dilakukan sebagai upaya mengantisipasi persoalan yang lebih besar lagi terutama soal kemampuan masyarakat dalam menciptakan peluang kerja, peningkatan ekonomi akibat efek pandemi ini khusunya di kalangan milenial,” paparnya.

Ia juga menambahkan, program pemanfaatan banyak yang tidak dimanfaatkan, padahal program tersebut sangat penting bagi Kota Medan kedepan.

“Saya lihat persoalan ini khususnya di RPJMD kurang mendapat perhatian. Harusnya Pemko menarik fokusnya kepada anak-anak muda. Pandemi telah mengakibatkan, yang bekerja di PHK, yang lulus kuliah dan sekolah sulit mendapat pekerjaan,” urainya.

Ia berharap Pemko Medan dapat menggerakan program yang bisa menyentuh kaum milenial. Dimulai dari tingkat kelurahan kemudian menggerakan program-program di OPD-OPD terkait.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment