Asrama Haji Dijadikan RS Isolasi Covid-19

Asrama Haji Dijadikan RS Isolasi Covid-19
Advertisement

topmetro.news Pemerintah Sumatera Utara (Pemprovsu) akhirnya menjadikan Asrama Haji sebagai tempat isolasi terpusat covid-19.

Demikian ditegaskan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat meninjau persiapan pemakaian Asrama Haji sebagai tempat Isolasi, Selasa (10/08/2021).

Diungkapkan Edy Rahmayadi, persiapan pemakaian Gedung itu sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang hampir sembuh ini adalah untuk menurunkan BOR.

Fasilitas tempat isolasi Covid 19 ini, lanjut Edy, terdiri dari 400 tempat tidur dan 150 kamar. Sedangkan untuk tenaga kesehatannya diturunkan sebanyak 65 orang tenaga kesehatan mulai dari relawan, dokter serta tenaga pendukung lainnya.

Sedangkan untuk lokasi isolasi ini kata Edy, terbagi 3 Blok. Dimana Blok I ditempatkan bagi pasien yang positif covid-19, untuk Blok II ditempatkan sebagai tempat bagi orang atau pasien yang sisa rujukan dari Rumah Sakit dan Blok III dikhususkan bagi pasien dalam tahap penyembuhan bisa dipindahkan di Asrama Haji sebagai tempat pasien isolasi Covid-19.

Menyinggung kurangnya tenaga kesehatan (Nakes) Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan saat ini pihak RS Sembiring sudah siap menyalurkan tenaga Kesehatannya untuk diperbantukan di Asrama Haji.

Dibantu TNI dan Kepolisian

Untuk pesan terakhir Edy, menyebutkan Asrama Haji yang ditempatkan sebagai isolasi pasien covid ini juga dibantu para TNI Kepolisian. Terkhusus yang ada di Ruang IGD H Anif.

Di tempat yang sama Plt Kadis Kesehatan Sumut dr Aris kepada topmetro.news mengatakan Gedung Asrama Haji yang dipakai sebagai tempat isolasi Covid-19 diantaranya Gedung Madinah Munawwarah dan Gedung Pelayanan H Anif. Yang juga dinobatkan sebagai ruang isolasi Covid-19 Riadil Akhir Lubis.

Sedangkan untuk saat ini, kata Aris pasien Covid 19 yang ada di RS GL Tobing sebanyak 10 orang yg mau sembuh akan dipindahkan ke lokasi Asrama Haji. Tujuan pemindahan pasien yang hampir sembuh ini tak lain untuk menurun BOR.

Sementara ketika disinggung tentang PPKM, Aris mengatakan saat ini khusus di Provinsi Sumateta Utara akan bertambah waktu 2 Minggu PPKM dan levelnya varian Delta sudah mulai menurun.

Peninjauan pemakaian Gedung Asrama Haji sebagai lokasi isolasi pasien covid-19 ini juga dihadiri Kapoldasu Panca Putra Simanjuntak. Lalu Pangdam TNI I/BB Hasanuddin, Kejatisu, IBN Wiswantanu, Danlantamal I Laksmana Pertama TNI Achmad Wibisono, Walikota Medan Bobby Nasution, Pj Sekdaprovsu Afifi serta OPD Jajaran Pemprovsu.

Penulis: Erris

 88 total views,  2 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment