TNI AL Berhasil Selamatkan ABK KM Berkas Surya yang Tenggelam di Alur Laut Belawan

TNI AL Berhasil Selamatkan ABK KM Berkas Surya yang Tenggelam di Alur Laut Belawan

topmetro.news TNI Angkatan Laut Lantamal I Belawan berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Ikan KM. Berkas Surya yang tenggelam di Alur Laut Belawan, Selasa dinihari (10/08/2021)

Komandan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) Laksamana PertamaTNI Achmad Wibisono mengatakan “Kapal Motor Berkas Surya jenis kapal ikan yang sedang berlayar menuju spot penangkapan ikan tenggelam di alur laut Ringkai Belawan pada posisi: 03°48’107″ U-098°43’621″ T saat ditemukan kondisi kapal sudah hampir seluruhnya tenggelam yang kelihatan hanya haluan kapal saja sedangkan 4 orang ABK KM. Berkas Surya berenang untuk menyelamatkan diri dan terapung apung dilaut. Dan juga diselamatkan oleh kapal patroli Sea Rider Unsur Satrol Lantamal I,” kata Danlantamal I.

“Upaya pertolongan dan pencarian ini merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M. yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun Alutsista untuk kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” pungkasnya.

Kejadian ini bermula berdasarkan informasi dari seorang masyarakat nelayan yang datang menggunakan boat sampan menyampaikan kepada Pos jaga alur bahwasannya ada sebuah kapal nelayan yang tenggelam di alur ringkai Belawan.

Informasi ini juga diperkuat dengan laporan dari personel anggota jaga Pos TNI AL Gabion yang menghubungi kapal patroli Sea Rider jaga via telpon yang juga menginformasikan kejadian yang sama dengan yang diterima dari nelayan.

Jaga Alur

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut kapal patroli Sea Rider unsur Satuan Patroli Lantamal I yang stand bye jaga alur pada posisi: 03°48’476″ U-098°43’429″ T/Alur Belawan aksi penyelamatan meluncur ke lokasi kejadian.

Pada saat ditemukan kapal sudah hampir tenggelam hanya kelihatan haluannya saja pada posisi 03°48’107″ U-098°43’621″ T.

Kemudian kapal patroli sea rider menyisir sekitar lokasi untuk mencari Anak Buah Kapal dan menemukan 2 orang yang sedang berenang untuk menyelamatkan diri dan langsung memberi pertolongan dengan mendekati nelayan tersebut untuk dievakuasi ke kapal patroli Sea Rider.

Kemudian dilanjutkan penyisiran kembali disekitar lokasi karena informasi yang diberikan oleh nelayan ABK KM. Berkas Surya bahwasannya mereka ada 4 orang dikapal tersebut. Tidak berapa lama 2 orang yang kelihatan sedang mengapung-apung dilaut diselamatkan personel TNI AL dan juga dievakuasi ke kapal patroli Sea Rider.

Selanjutnya keempat nelayan ABK KM. Berkas Surya dibawa ke Pos TNI AL Gabion Belawan untuk didata.

Sementara pemilik kapal KM. Berkas Surya atas nama bapak Fitra datang ke Pos TNI AL Gabion untuk menjemput ke 4 orang ABK yang telah diselamatkan oleh kapal patroli Sea Rider unsur Satuan Patroli Lantamal I.

Adapun data ABK yang berhasil diselamatkan

1. Ilham (tekong)
umur 40 tahun
Alamat : Binjai km 12

2. Saimin (kkm)
umur 55 tahun
Alamat : Binjai km 12

3. Ardian Siregar
umur 21 tahun
Alamat : Kp nelayan indah

4. Fauzi
umur 24 tahun
Alamat : Kampung Nelayan indah.

 

penulis | Erris JN

 

Related posts

Leave a Comment