262 WBP Lapas Panyabungan Dapat Remisi HUT ke-76 RI

262 WBP Lapas Panyabungan Dapat Remisi HUT ke-76 RI

topmetro.news – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Panyabungan memberikan remisi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Republik Indonesia (RI) kepada 262 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (17/8/2021).

Pemberian Surat Keputusan (SK) tentang remisi kepada 262 WBP Lapas Klas IIB Panyabungan disampaikan Bupati Madina HM Jakfar Suhairi Nasution selaku mewakili atau perpanjangan tangan Menteri Kemenhumham.

Turut menyaksikan, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution dan Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis. Juga Kalapas Klas II B Panyabungan Hamdi Hasibuan ST MH, Sekda Madina Gozali Pulungan, Forkopimda, dan kepala OPD Pemkab Madina.

Remisi Napiter

Selain pemberian remisi, pada Peringatan HUT ke 76 RI tahun 2021 ini juga ada pembacaan ikrar serta penandatangan fakta setia kepada NKRI. Ada dua narapidana teroris (napiter) di Lapas Klas IIB berinisial SS dan WY (foto), yang melakukan pembacaan itu. Tujuannya, agar kedua napiter tersebut dapat masuk usulan untuk mendapatkan remisi.

Kalapas Klas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan ST MH di sela acara itu menyampaikan, bahwa pemberian remisi ini karena narapidana tersebut, menurut penilaian, telah memenuhi syarat. Serta berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman.

Dan lanjutnya, dari 474 WBP yang ada di Lapas Klas II B Panyabungan, untuk tahun 2021 dalam rangka memperingati HUT ke 76 RI, ada sebanyak 262 WBP yang mendapatkan remisi. Dengan jumlah masa potongan tahanan yang bervariasi.

“Sebelum masuk masa Peringatan HUT ke 76 RI, Lapas Klas II BbPanyabungan juga telah mengeluarkan 53 orang warga binaan yang memenuhi syarat untuk melaksanakan asimilasi di dalam rumah. Sehingga upaya ini dapat membantu mengurangi kondisi ‘overcrowded’ di masa pandemi,” terangnya.

Dan di akhir pidato sambutannya, Hamdi juga menuturkan. Selaku Kalapas Klas IIB Panyabungan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran atas kerja keras, dedikasi, loyalitas, semangat dan prestasi kerja yang telah tercapai selama ini.

Kemudian ia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemerintah daerah dan seluruh instansi serta lembaga sosial terkait. Karena telah turut serta berpartisipasi dan memberi dukungan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan.

“Semoga Allah Yang Maha Kuasa senantiasa mengiringi keinginan luhur kita. Untuk selalu mengabdi dan berbakti kepada nusa, bangsa dan negara dengan limpahan kasih dan karuniaNya bagi kita semua. Dirgahayu Republik Indonesia ke 76, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” tandasnya.

Sebelum acara pemberian remisi, Kalapas Hamdi Hasibuan ST MH beserta seluruh staf jajaran Kemenhumham mengikuti Peringatan HUT ke-76 RI. Acara ini berlangsung secara virtual dari Istana Negara.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment