Bupati dan Wakil Bupati Karo Sidak ke Pos Retribusi di Doulu dan Semangat Gunung, Stop Pengutian Retribusi

Bupati dan Wakil Bupati Karo Sidak ke Pos Retribusi di Doulu dan Semangat Gunung, Stop Pengutian Retribusi

topmetro.news – Bupati Karo Cory S Sebayang, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Wakil Ketua DPRD Karo Davit Kristian Sitepu beserta OPD terkait melakukan sidak ke Pos Pengutipan Retribusi di Desa Doulu Dan Desa Semangat Gunung, Sabtu, (21/08/2021).

Pada kegiatan itu, Bupati minta semua pihak untuk menyetop pengutipan retribusi untuk masuk ke objek wisata pemandian air panas di kedua desa tersebut.

“Kita melakukan sidak ke Pos Pengutipan Retribusi ini untuk mengetahui secara pasti persoalan yang ada di kawasan wisata air panas. Serta memberikan penjelasan, pemahaman, dan sosialisasi kepada warga dan pemerintahan kedua desa (Desa Doulu dan Semangat Gunung),” ujar Bupati Karo di hadapan masyarakat.

Bupati beserta rombongan sempat berdiskusi dengan tokoh masyarakat untuk membicarakan tentang regulasi yang tepat. Sehingga kegiatan pengutipan tersebut tidak menyalahi aturan.

Namun intinya, Bupati Karo mengingatkan kepada masyarakat, untuk sementara tidak dibenarkan melakukan pengutipan terhadap pengunjung/wisatawan yang melintas ke kawasan wisata, sebelum ada regulasi yang mengatur tentang retribusi. Yakni berupa perda sebagai payung hukumnya.

“Dalam waktu dekat kita akan membahas aturannya bersama DPRD Karo dan kita upayakan penerbitan perdanya,” ujar Bupati Karo.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Karo Davit Kristian Sitepu menjelaskan, kegiatan pengutipan retribusi oleh masyarakat selama ini, telah menyalahi aturan. Ia pun berharap ke depannya tidak ada lagi pengutipan yang tidak sesuai aturan.

“Kita di lembaga legislatif bersama eksekutif secepatnya akan membahas perdanya sebagai payung hukumnya. Agar pengutipan retribusi itu bisa berlaku secara legal,” kata Davit.

Sambutan Masyarakat

Sementara itu, masyarakat Desa Semangat Gunung dan Desa Doulu sangat senang atas kehadiran Bupati, Wakil Bupati, dan Wakil Ketua DPRD Karo ke desa mereka, untuk memberikan pencerahan terkait pengutipan retribusi ke objek wisata pemandian air panas tersebut.

“Pengutipan yang dilakukan masyarakat selama ini, tidak lain sebagai upaya untuk membantu seluruh masyarakat Desa Doulu dan Semangat Gunung yang mengalami kesusahan di saat Pandemi Covid-19 sedang mewabah,” ujar warga.

Mereka pun berharap agar Pemkab dan DPRD Karo menerbitkan perda tentang retrebusi. Sehingga bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) Karo dan warga dari dua desa.

Turut hadir dalam sidak tersebut, Asisten Pemerintahan Pemkab Karo Caprilus Barus, Kadis Pariwisata Munarta Ginting. Kasatpol PP Hendrik Tarigan, Camat Berastagi, Camat Merdeka, Kabag Hukum Monica Purba. Kabag Humas Protokol F Leonardo Surbakti, dan mewakili Polres Karo.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment