Melalui Aplikasi NAR, Satgas Penanggulangan Covid-19 Pusat Tahu Perkembangan Kasus Covid-19, Termasuk di Aceh Singkil

Aplikasi NAR

topmetro.news – Melalui Aplikasi New All Record (NAR), Satgas Penanggulangan Covid-19 Pusat bisa mengetahui perkembangan kasus Covid-19 di setiap wilayah se-Indonesia.

NAR tersebut merupakan aplikasi yang menyimpan data pasien positif Covid-19 dari setiap lab di daerah. Termasuk Lab USK di Banda Aceh.

Selanjutnya Satgas Penanggulangan Covid-19 Pusat akan mengeluarkan data daerah mana saja yang termasuk zona hijau, kuning, orange, merah, dan hitam.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Pusat akan mengintruksikan setiap kabupaten/kota agar mengirikan sampel untuk pengujian. Termasuk Kabupaten Aceh Singkil.

“Kalau Kabupaten Aceh Singkil setiap harinya akan mengirimkan 38 sampel untuk diuji di Lab USK Banda Aceh,” ucap Raja Maringin Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (24/8/2021).

Dari sampel itulah nantinya, lanjut Raja, akan ketahuan berapa tinggi kasus di daerah masing-masing. Kemudian dari Satgas Pusat akan memetakan daerah sesuai zona.

“Kenapa Aceh Singkil zaman zona merah, ya dari hasil laporan Lab USK tersebut melalui Aplikasi NAR. Bisa saja berubah jadi orange kalau dalam seminggu kasus pasien reaktif Covid-19 menurun,” terangnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment