Masih Ada 28 Lapas/Rutan yang Belum Lakukan Vaksinasi

Masih Ada 28 Lapas/Rutan yang Belum Lakukan Vaksinasi

topmetro.news Petugas Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Sumut, terus menggelar vaksinasi terhadap warga binaan pemasyarakatan yang mendekam di seluruh Unit Pelayanan Pemasyarakatan (UPT) di Sumatera Utara.

Pelaksana harian (Plh) Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Sumut, Erwedi Supriyatno, menjelaskan, total Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah mendapat vaksin pertama sebanyak 5.629 orang, dan vaksin tahap kedua sebanyak 933 orang.

“Kita terus berkordinasi dengan instansi terkait termasuk TNI/Polri untuk memberikan vaksinasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendekam di UPT Pemasyarakatan di jajaran kita. Terakhir, kita berikan vaksin kepada 1.000 WBP di Lapas dan Rutan Tanjung Gusta bekerjasama dengan Polda Sumut,” terang Erwedi, kepada topmetro.news, Kamis (26/8/2021).

Sedangkan untuk UPT yang telah melaksanakan vaksinasi terhadap WBP, kata Erwedi, Lapas Gunung Sitoli, Lapas Barus, Lapas Kelas 3 Kotapinang, Lapas Gunung Tua, Lapas Kotanopan, Lapas Pangururan, dan Lapas Kelas 3 Teluk Dalam.

Lalu, Rutan Natal, Rutan Sidikalang, Rutan Sipirok dan Rutan Perempuan Medan. “Sampai saat ini masih ada 28 Lapas dan Rutan yang belum mendapatkan vaksin,” sebut Erwedi.

Erwedi mengaku, pihaknya terus meminta jajaran untuk berkordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk memberikan vaksin kepada WBP. “Sesuai anjuran dari pemerintah, vaksinasi itu penting bagi masyarakat. Sehingga, kita mendorong jajaran untuk terus berkordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memberikan vaksin bagi WBP,” imbuhnya.

Meski sudah di vaksin, Erwedi juga meminta agar WBP dapat mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan menghindari kerumunan.

“Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Kita tidak boleh lengah. Semua itu untuk kebaikan kita,” ajaknya lagi.

Reporter: Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment