Kapolda Sumut Dampingi Menko Marves RI Meninjau Pengembangan Pertanian Food Estate di Humbahas.

Menko Marves RI

topmetro.news – Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSi mendampingi Menko Marves RI Luhut Binsar Panjaitan saat melaksanakan kunker ke Kabupaten Humbahas, Rabu (1/9/2021).

Turut hadir mendampingi Menko Marves RI yaitu Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Hohong, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Kemudian, Kasdam I/BB Brigjen Didied Pramudito, Dirjen Hortikultura Dr Ir Prihasto Setyanto MSc.

Lalu, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendriati, mewakili Kementerian PUPR Ir Asep A Permana MM MT. Direktur Pembangunan Pengairan dan Irigasi Abdul Malik Sadat Idris ST MEng. Direktur Air Tanah dan Air Baku Ir Iriandi Azwartika. Selanjutnya, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ir Tommy Nugraha MM dan Rektor IT DEL Prof Togar Simatupang.

Kemudian ada rombongan Forkompimda Humbahas yaitu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Humbahas Oloan P Nababan, Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH, Dandim 0210/TU Letkol CZI Roni Agus Widodo, OPD Pemkab Humbahas, dan off taker serta para petani di areal food estate.

Hasil Food Estate

Luhut Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan, dua tahun setelah pengembangan food estate di Humbahas, ia melihat sudah berjalan dengan baik. Lebih lanjut Menko Marves mengatakan, semua itu adalah untuk mensejahterakan rakyat dan itu perintah Presiden RI.

“Tadi sudah kita dengar yang disampaikan Koordinator Lapangan Van Basten. Bahwa hitung-hitungan per hektarnya hasilnya sudah cukup baik. Kalau dengan teknologi irigasi tetes dan pengolahan yang tepat maka hasilnya bisa lebih meningkat lagi. Jangan sampai hilang kesempatan ini untuk membuat masa depan keluargamu,” terang Menko Marves.

Luhut juga menyampaikan bahwa lahan yang dikelola masyarakat punya sertifikat, di mana bisa diturunkan kepada anak cuku nantinya. “Sertifikat itu adalah milikmu. Tidak bisa dimain-mainkan ke mana itu. Saya jamin, bahwa itu adalah milikmu,” tegas Luhut.

Pada kesempatan itu juga Luhut BPanjaitan mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Kita harus disiplin untuk pakai masker. Jaga jarak dan cuci tangan. Kemudian melakukan vaksin. Dan kalau sakit jangan tahankan di rumah tetapi laporkan dan pergilah ke isolasi terpusat,” katanya.

Rombongan selanjutnya bergerak meninjau lahan food estate dan melaksanakan panen kentang di areal pertanaman petani yang bekerjasama dengan PT Indofood. Kemudian lanjut dengan peninjauan perluasan food estate ke Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) Desa Aek Nauli.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment