Unik, Bukan Hanya Manusia. Sapi Juga Melahirkan Melalui Operasi Caesar di Humbahas

Pemkab Humbahas pada tahun 2019 memperoleh bantuan ternak Sapi Belgian Blue

topmetro.news – Pemkab Humbahas pada tahun 2019 memperoleh bantuan ternak Sapi Belgian Blue sebanyak tiga ekor. Terdiri dari satu ekor Pejantan No. C.BB 1817-T. Kemudian dua ekor Betina No. C.BB 1920-T dan C.BB 1816-T.

Bantuan itu berasal dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Sembawa Provinsi Sumatera Selatan. Sementara penempatannya adalah di Kelompok Tani Satahi Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung.

Dalam upaya pengembangbiakan ternak Sapi Belgian Blue di Kabupaten Humbahas, maka pada tanggal 28 November 2020 Dinas Peternakan dan Perikanan Humbang Hasundutan melakukan inseminasi buatan (IB) terhadap satu ekor Sapi Belgian Blue No. C.BB 1816-T. Berlangsung dengan menggunakan ‘Straw Belgian Blue’ dengan Kode 281701 RR 0923 (Gatot Kaca).

Kelahiran Sapi Belgian Blue

Pada tanggal 7 September 2021 pukul 07.05 WIB, satu ekor ternak Sapi Belgian Blue jenis kelamin betina dengan berat lahir 52 kg, telah lahir melalui Operasi Caesar.

Proses kelahiran operasi caesar dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Humbang Hasundutan. Bekerjasama dengan Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Bogor.

Kelahiran ternak Sapi Belgian Blue ini menjadi kebanggaan tersediri bagi Kabupaten Humbahas. Mengingat kelahiran ternak tersebut merupakan yang pertama di Indonesia di luar UPT Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dengan telah mulainya pengembangan Sapi Belgian Blue itu, maka harapannya, Kabupaten Humbahas menjadi sentra pengembangan Sapi Belgian Blue di Indonesia. Bertujuan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan daging dan bibit sapi unggul nasional di luar UPT Kementerian Pertanian RI.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment