Tidak Pakai Helm, Sejumlah Pengendara Roda Dua Ditindak

Tidak Pakai Helm, Sejumlah Pengendara Roda Dua Ditindak

topmetro.news – Sudah jadi pengetahuan umum bahwa jika tidak pakai helm, saat terjadi kecelakaan tentunya benturan terhadap kepala pengendara akan sangat keras. Resiko terparah bahkan bisa mematikan.

Namun ironisnya masih banyak masyarakat yang menganggap pemakaian helm hanya bertujuan untuk menghindari tilang dari polisi yang bertugas.

Maka, Jumat pagi (10/9/2021), di seputaran Simpang empat Besar Doloksanggul, Satuan Lalulintas Polres Humbahas melaksanakan penindakan kasat mata kepada para pengguna kendaraan yang tidak memakai helm. Sel;ain itu, juga membagikan masker kepada masyarakat secara humanis,

Kasatlantas Polres Humbahas AKP Dhanil Saragih, melalui KBO Ipda Kurniawan serta Kanit Turjawali Aipda Noris Tambunan menegaskan, bahwa penggunaan helm wajib hukumnya.

“Hari ini kita melaksanakan penindakan kasat mata bagi pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya memakai helm untuk keselamatan. Dan tak lupa juga kami bagikan masker kepada masyarakat. Seperti yang selalu disampaikan Bapak Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Pendidikan Keselamatan

Ia mengakui, penindakan itu uga berdasarkan PP No. 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Serta kemudian juga merujuk pada UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan.

“Kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor, menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan,” tambahnya.

“Total ada 32 unit sepeda motor yang kita amankan. Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Noris kepada topmetro.news.

Ia pun menyarankan, untuk meningkatkan kesadaran pengendara motor akan pentingnya helm, bisa dengan pendidikan sejak dini soal keselamatan berkendara di sekolah. Sehingga masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment