Hebat !! Penelitian Mahasiswa UHN Pematangsiantar Diterbitkan di Jurnal Obsesi

Sivitas akademika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) berkomitmen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

topmetro.news – Sivitas akademika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) berkomitmen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kolaborasi melakukan penelitian bersama antar mahasiswa dan dosen merupakan salah satu bentuk komitmen.

Mahasiswa UHKBPNP yang mewakili beberapa program studi belum lama ini melakukan penelitian di SD Negeri 173606 Pangururan, Kabupaten Samosir. Yakni tentang penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas 2 SD. “Ihwal penelitian saat kami mengikuti mata kuliah penelitian tindakan kelas (PTK),” ujar Kevin William Andri Siahaan, salah seorang peneliti, Sabtu (11/9/2021).

Kevin, mahasiswa prodi Kimia, tak sendirian melakukan penelitian. Ia bersama rekannya dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2018. Antara lain, Bambang W Pangaribuan, Eduard F Sidabutar, Johan R Matondang, Diana Falentina Simamora, Veria Tika Sihombing. Atas motivasi Dr. Natalina Purba SSos MPd, dosen pembimbing, penelitian tersebut mereka lakukan pada Bulan Mei 2021 yang lalu selama kurang lebih dua pekan.

Selanjutnya, hasil penelitian itu mereka tuliskan ke dalam sebuah jurnal. Alhasil, tulisan pun terbit di Jurnal Obsesi (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini-Sinta2) dengan judul ‘The Implementation Of Demonstration Method To Increase Learning Outcome In Natural Science Lessons’.

Kevin menjelaskan, karya ilmiah yang terbit di Jurnal Obsesi, pihaknya melalui lima kali proses revisi. “Kami bersyukur dan bahagia. Akhirnya hasil penelitian kami terbit di Jurnal Obsesi Sinta2,” pungkasnya.

Hasil Penelitian

Berdasarkan data hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa pada pre-test dengan 21 siswa, terdapat 4 di antaranya (19,05%) yang mencapai tingkat ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 52,61.

Sedangkan pada post test siklus I terdapat 11 siswa (52,4%) yang mencapai ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 61,42. Sementara pada post test siklus II terdapat 19 siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (90,48%) dengan rata-rata skor 75.71. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas 2 SD Negeri 173606 Pangururan.

Selanjutnya Kevin mengemukakan, selain Natalina Purba, dosen Lisbet Sihombing MPd dan Hendra Simanjuntak MPd juga ikut berperan memotivasi dan membingbing mereka. Begitu juga dengan Dekan FKIP Dr Jumaria Sirait MPd dan Rektor UHKBPNP Prof Dr Sanggam Siahaan MHum.

“Kami berharap capaian ini menjadi motivasi bagi mahasiswa UHKBPNP lainnya untuk terus berkarya dalam menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk karya ilmiah,” tandas Kevin.

Dekan FKIP Jumaria Sirait mengapresiasi hasil penelitian para mahasiswanya itu. Karya ilmiah mahasiswa tersebut bagi Jumaria merupakan bagian dari hasil pembelajaran dalam konsep ‘learning by doing’. Kreasi, inovasi dan kolaborasi menjadi harapan sekaligus tuntutan publik bagi kaula muda untuk terus berkarya.

”Sivitas akademika UHKBPNP berkolaborasi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing,” terangnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment