Gubsu Edy Rahmayadi Minta Doakan Sumut PPKM Level I

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap semua daerah di Sumatera Utara mengalami penurunan level
Advertisement

topmetro.news – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap semua daerah di Sumatera Utara mengalami penurunan level dalam skema kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari pemerintah pusat.

“Doakan aja kita masuk Level 1 (daerah) semuanya. Mudah-mudahan (Medan juga bisa turun level). Kalian kan bisa rasakan,” katanya menjawab wartawan, Senin (20/9/2021), menyikapi evaluasi pemerintah pusat terkait penerapan level PPKM luar Jawa-Bali dalam dua pekan mendatang.

Menurutnya, penurunan level PPKM tersebut semisal Kota Medan, dapat terlihat dari salah satu indikator. Yakni bad occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur pada rumah sakit rujukan Covid-19.

“BOR kita sudah turun menjadi 16 persen. Artinya rumah sakit sudah (banyak) yang kosong itu,” katanya.

Apa pun hasil evaluasi soal penerapan PPKM nantinya, Gubsu meminta supaya masyarakat tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk upaya menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok. Yakni, melalui vaksinasi yang terus digenjot oleh pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota.

Edy menyebut, persentase vaksin di Sumut baru 27 persen atau sekitar 2,2 juta untuk dosis pertama. Ia meminta seluruh pemda untuk menggenjot program vaksinasi kepada masyarakat. Hal itu sebagaimana instruksi Presiden Jokowi saat berkunjung ke Sumut baru-baru ini.

“Presiden bilang suntik semua masyarakat selagi stok ada. Jangan tunggu-tunggu kiriman dulu,” pungkasnya.

Bebas Level 4

Sekretaris Dinas Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengungkapkan, berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan RI pada 18 September 2021, tidak ada lagi daerah di Sumut yang masuk kategori Level 4. Artinya, baik Kota Medan, Kota Sibolga, dan Kota Pematangsiantar yang sebelumnya berada di Level 4, kini telah turun ke Level 3.

Sebagaimana hasil asesmen terkait hal itu, hanya Kabupaten Deli Serdang yang berada di Level 1. Selanjutnya daerah Level 2 terdiri dari; Toba, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Tengah, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Kota Sibolga, Simalungun, Kota Padangsidimpuan, Samosir, Kota Gunung Sitoli, Pakpak Bharat, Karo, Nias Utara, Humbang Hasundutan, Nias Selatan, Dairi, Nias Barat, Asahan, dan Nias.

Sedangkan daerah yang berada di Level 3 terdiri dari; Serdang Bedagai, Kota Tanjung Balai, Padang Lawas Utara, Kota Pematangsiantar, Padang Lawas, Kota Medan, Langkat, Kota Binjai, Labuhanbatu Utara, Batu Bara, dan Kota Tebingtinggi.

penulis | Erris JN

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment