Hadir Sebagai Official Platinum Telco Partner, Telkom Siap Sukseskan Penyelenggaraan PON XX Papua 2021

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk sukseskan perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021

topmetro.news – Sebagai digital telco terdepan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk sukseskan perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Telkom secara resmi hadir sebagai Official Platinum Telco Partner PON XX Papua 2021, setelah berlangsung penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) antara SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza dengan Ketua Harian PB PON XX Yunus Wonda.

Penandatanganan berlangsung di Media Center PON XX Gedung Sasana Krida Provinsi Papua, Kamis (23/9/2021). Turut menyaksikan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah. Dengan demikian, Telkom akan menjadi partner resmi yang akan mendukung infrastruktur, jaringan, dan layanan telekomunikasi selama pergelaran PON XX Papua 2021.

TelkomGroup mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua 2021 melalui penyediaan Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service di area pertandingan (venue), hotel dan akomodasi, bandara, media center, dan sekuriti. Secara umum, layanan berupa internet dengan total bandwidth lebih dari 11,5 Gbps. Untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya acara, Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,9 persen.

Dalam sambutannya, Johnny G Plate mengucapkan terima kasih kepada Telkom yang membangun rute-rute baru untuk mengantisipasi putusnya kabel laut. Sehingga akses komunikasi dan internet di Papua berjalan lancar. “Mari bersama-sama kita menjaga jaringan infrastruktur strategis ini. Kami berharap PON ini mampu menjadi etalase yang baik. Etalase Papua dan Indonesia untuk masyarakat dunia. Dan ini menjadi harapan kita bersama agar PON XX Papua sukses. PON Papua, Torang Bisa!” katanya.

PON Papua Beda

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, PON XX Papua 2021 merupakan momen istimewa. Serta berbeda dibanding pergelaran PON sebelumnya. Selain berlangsung di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, PON tahun ini untuk pertama kalinya terlaksana di ufuk timur Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa Papua nantinya akan terkenal tidak hanya karena keindahan alam dan ragam budaya. Namun juga keberhasilannya dalam menyukseskan even PON. “Telkom dalam hal ini siap mendukung penuh sukses penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dengan menghadirkan infrastruktur kelas dunia. Seperti yang pernah kami lakukan pada even besar nasional dan internasional sebelumnya,” kata Adriansyah.

Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. Telkom menyediakan ratusan perangkat IndiHome pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding.

Selain itu, sebanyak 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021. Juga ruang publik, dan bisa terakses oleh masyarakat secara gratis. Telkom juga menyediakan 2 Satelite News Gathering dan 4 media center. Yakni 1 main media center di Kota Jayapura serta 3 mini media center di Kabupaten Japaura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Sementara untuk layanan mobile, Telkomsel telah memastikan penguatan sinyal dengan mengerahkan 192 BTS. Telkomsel turut memastikan kesediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas dengan menyiagakan puluhan genset, puluhan Support Catu Daya (SCD) Mobile. Serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS.

Telkomsel 5G

Selama perhelatan PON XX 2021 Papua, Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia juga akan menghadirkan ‘Telkomsel 5G Experience Center’. Lokasinya di Stadion Lukas Enembe. Targetnya kepada para pengunjung, terutama masyarakat Papua. Sehingga bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case, lengkap dengan teknologi 5G.

Perusahaan juga melakukan monitoring sistem dan jaringan telah secara hybrid. Yakni, dengan mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning. Kemudian penerapan metode smart monitoring untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya.

Telkom juga menyediakan 1.000 paket tracking vehicle dengan teknologi IoT serta digital marketing platform sebanyak 2,35 juta SMS broadcast.

Demi memastikan seluruh infrastruktur dan layanan berfungsi optimal, TelkomGroup mengerahkan lebih dari 1.000 personel. Terdiri dari teknisi khusus, di samping dukungan teknisi maupun expert reguler yang ada di Papua dan area lainnya di Indonesia. Serta akan bersiaga 7×24 jam sepanjang pelaksanaan PON XX Papua 2021.

Personel tersebut bertugas di 49 venue dari empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan. Yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Selain memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, tim juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS). Di mana di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut.

“Fokus kami hanya memastikan PON XX Papua 2021 dapat terlaksana dengan sukses dengan dukungan infrastruktur telekomunikasi ini. Sehingga semangat olahraga ini terasa dan dinikmati oleh masyarakat hingga seluruh penjuru Indonesia. Semoga PON XX Papua 2021 dapat menjadi penyemangat bagi Bangsa Indonesia yang masih menghadapi pandemi. Untuk terus optimis dan yakin bahwa ke depannya Indonesia akan lebih baik lagi,” demikian tutup Ririek Adriansyah.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment