Hilangkan Kejenuhan, Lapas Panyabungan Hibur Warga Binaan dengan Live Music dan Karaoke

Lapas Klas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar acara hiburan

topmetro.news – Untuk membuang rasa jenuh bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam menjalani hukuman, Lapas Klas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar acara hiburan ‘Live Music dan Karoke Bersama’, Sabtu (2/10/2021).

Pantauan topmetro.news, acara mulai pada pukul 8.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB, dengan mengundang penyanyi lokal dan pengawasan ketat dari para staf keamanan Lapas Klas IIB Panyabungan yang sedang piket.

Kalapas Klas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news menyatakan, mereka menggelar acara hiburan itu guna menghilangkan rasa jenuh WBP. Apalagi karena sementara ini, layanan kunjungan keluarga terhenti akibat masa Bandemi Covid-19.

“Sejak Pandemi Covid-19, kami sementara waktu menutup layanan kunjunan bagi WBP. Namun meski demikian, mereka masih bisa berkomunikasi lewat video call pada Wartelsuspas dengan jadwal tertentu yang telah ditetapkan. Walau begitu tetap saja mereka juga butuh hiburan,” pungkas mantan Kalapas Klas IIB Kayu Agung tersebut.

Masih Hamdi, selain menghilangkan kejenuhan bagi Warga Binaan, acara ini juga merupakan sarana untuk mempererat dan memperkuat silaturrahmi antara petugas dan warga binaan. Karena, petugas dan WBP dapat bernyanyi bersama dengan tetap mengedepankan keamanan dan ketertiban dalam Lapas.

Produktifitas Warga Binaan

Kasi Bimnadik & Giatja Suyetno SH juga menambahkan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk menghilangkan rasa jenuh. Serta sebagai upaya untuk menjaga produktifitas warga binaan selama Pandemi Covid-19. Kemudian juga menjaga stabilitas imun warga binaan dengan menghilangkan tekanan ataupun stress akibat tidak dapat bertemunya dengan keluarga.

“Saat ini Lapas Klas IIB Panyabungan sedang berjuang untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dan salah satu dari enam area perubahan yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik sudah terobosan layanan pada Lapas Klas IIB Panyabungan selama pandemi ini. Termasuk Wartelsuspas dan juga acara-acara hiburan seperti yang diadakan saat ini,” tandasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment