Bupati Taput Serahkan Beasiswa dari CSR PT SOL kepada Mahasiswa/i

Bupati Taput Serahkan Beasiswa dari CSR PT SOL kepada Mahasiswa/i

topmetro.news – Bupati Taput serahkan beasiswa kepada mahasiswa/i berprestasi di perguruan tinggi negeri maupun swasta dari Kecamatan Pahae Jae dan Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara. Dana beasiswa itu bersumber dari Coorporate Sosicial Responsibility (CSR) PT SOL

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi pada saat itu diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Kepala Bagian Perekonomian. Turut mendampingi, Manager PT SOL Melva Samosir, Camat Pahae Jae dan Camat Pahae Julu dan beberapa orangtua dari mahasiswa penerima beasiswa.

Kegiatan berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (7/10/2021).

Penerima beasiswa berjumlah 78 mahasiswa/i dari keluarga yang tidak mampu. Mereka berasal dari 25 desa di sekitar Proyek SOL dari dua kecamatan yaitu Pahae Jae dan Pahae Julu.

Program beasiswa SOL diberikan untuk tingkat pendidikan diploma dan sarjana/sederajat, sebagai salah satu upaya untuk membantu anak-anak masyarakat yang berprestasi.

Syarat yang berlaku kepada pelamar beasiswa antara lain, aktif kuliah maksimal semester 7, ayah atau ibu bukan ASN, BUMN, TNI, Polri, atau karyawan PT SOL. Kemudian memiliki IPK > 3.00 untuk PTN dan >3.50 untuk PTS.

Program beasiswa SOL sudah ada sejak Agustus 2018. Total anak yang sudah mendapatkan beasiswa sampai dengan tahun 2021 adalah sebanyak 106 orang. Besarnya beasiswa Rp3 juta per tahun.

Visi Misi Taput

Pada kesempatan itu, Bupati Taput mengatakan, visi pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara adalah sebagai lumbung pangan, lumbung SDM berkualitas, serta daerah tujuan wisata. Kemudian ada delapan misi pembangunan, di mana salah satunya adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan.

Untuk mewujudkan misi tersebut Pemkab Taput telah berupaya melaksanakan berbagai program. Seperti sekolah gratis mulai dari tingkat SD sampai SMP sederajat. Meningkatkan kompetensi guru, memberikan insentif kepada guru yang mengajar di desa terpencil. Pembangunan sarana prasarana seperti pembenahan gedung sekolah.

Selain itu Pemkab Taput juga perhatian yang sungguh-sungguh kepada mahasiswa/i yang sedang mengikuti perkuliahan di PTN, melalui pemberian beasiswa. Baik dari APBD maupun dari stakeholders. Hal itu untuk meningkatkan semangat belajar para mahasiswa/i.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama CSR ini merupakan tanggung jawab sosial PT SOL kepada masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan yang bermanfaat bagi perseroan sendiri maupun masyarakat umum,” ujar Bupati Taput.

Komitmen PT SOL

Sebelumnya pimpinan PT SOL Andrea Gunawan Diliharto mengatakan, program beasiswa itu sebagai bentuk komitmen mereka kepada masyarakat. Sekaligus membantu Pemda Taput di bidang pendidikan agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Kami sangat percaya bahwa pendidikan merupakan pilar penting dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Atas program beasiswa ini perusahaan sangat hati-hati dalam seleksi yang sangat ketat untuk menentukan penerima beasiswa. Saya berharap adik-adik mahasiswa/i menggunakan beasiswa ini sebaik mungkin. Agar sukses di masa depan dan nanti akan tiba masanya adek-adek yang memberikan beasiswa kepada anak-anak yang lain,” ujarnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment