Vaksinasi di Kota Medan Lebihi Target Pemko Medan

Kota Medan

topmetro.news – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan, Mardohar Tambunan menyebutkan, target dosis vaksin yang disalurkan setiap harinya telah melebih target yang ditetapkan.

“Antusias masyarakat untuk mendapat vaksin setiap semakin tinggi. Begitu vaksin banyak masuk, langsung habis. Penyalurannya pun sudah melebihi target,” kata Mardohar kepada wartawan, Senin (25/10).

Saat ini, Mardohar menyebutkan, capaian vaksinasi setiap hari sudah mencapai 20 ribu. “Saat ini, satu hari saja kita bisa menghabiskan dosis itu sampai 20 ribu lebih. Padahal, target kita cuma 16 ribu,” urainya.

Mardohar menambahkan, setiap hari banyak lokasi yang fokus melakukan vaksinasi termasuk Puskesmas dan sentra vaksinasi pelajar di lima titik sekolah per harinya.

“Berbagai sentra vaksin, baik instansi maupun puskesmas itu rata-rata menyuntikkan 200 dosis per hari, dan itu bukan berarti 200 itu monoton, tidak, tetap tergantung dari kebutuhannya,” tambahnya.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Medan, total target warga Medan yang layak mendapatkan vaksin 1.942.998. Untuk jumlah yang sudah divaksin sebanyak 55,07 persen dengan rincian 65,26 persen mendapatkan dosis 1, sebanyak 44,09 persen mendapatkan dosis kedua, dan 0,79 persen yang sudah menerima vaksin booster (dosis ketiga).

Sementara Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Medan sangat turun drastis hingga 14,89 persen. “BOR kita untuk ICU kita saat ini sudah 14,89 persen, itu jauh sekali turun. Sementara untuk isolasi 7,9 persen. Jauh juga turun, jadi fatality rate kita sudah hampir nol. Isoter kita saat ini tinggal dua macam, di P4TK itu yang dirawat tinggal 5, sementara di Hotel Soechi itu ada 10,” tukasnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment