Baru 50% WBP Terima Vaksin di Lapas dan Rutan se-Sumut

vaksin

topmetro.news – Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Sumatera Utara berharap pemerintah dapat memberikan vaksin terhadap seluruh warga binaan yang mendekam di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pemasyarakatan. Sebab, saat ini baru sebagian warga binaan yang mendapat vaksin dari pemerintah.

Hal itu dikatakan Kepala Divisi Administrasi Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Sumatera Utara, Betni H Purba saat meninjau kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan GM KB FKPPI Sumut bekerjasama dengan Kanim Kelas I TPI Polonia, Sabtu (23/10) kemarin.

“Proses vaksinasi terhadap WBP terkendala dengan NIK. Kita berharap, pemerintah dapat membantu dan memberikan solusi terkait NIK tersebut. Saat ini, baru 50 persen WBP yang mendapat vaksin di Lapas dan Rutan,” kata Betni.

Menurut Betni, vaksinasi tersebut penting untum menjamin kesehatan para WBP selama mendekam di Lapas maupun Rutan. Sebab, mereka rentan terkena penyakit selama mendekam di Lapas dan Rutan.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa jumlah warga binaan di Rutan maupun Lapas saat ini sudah over croudit dan itu rentan terkena penyakit,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara berkerja sama dengan Generasi Muda FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia) menggelar vaksinasi massal yang bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Sabtu (23/10).

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT FKPPI ke-43 dan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2021.

Plt. Kepala Divisi Keimigrasian Betni Humiras Purba bersama Walikota Medan Bobby Nasution dan Ketua Umum Generasi Muda KB FKPPI Shandy Mandela Simajuntak meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi ini, dengan target 1.000 orang vaksinasi pertama menggunakan Vaksin Pfizer.

“Kami berterima kasih kepada GM FKPPI karena telah memilih Kanim Polonia sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi ini, dan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini sebagai kontribusi dan kepedulian terhadap kemajuan negara. Kemajuan negara ini tidak hanya bergantung kepada pemerintah, tetapi juga pada generasi muda,” kata Plt. Kepala Divisi Keimigrasian Betni Humiras Purba yang juga merangkap sebagai Kepala Divisi Administrasi saat membuka kegiatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kakanim Polonia Samuel Toba, Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus, serta jajaran GM FKPPI dan jajaran Kodim 0201/Medan.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment