Edy Rahmayadi: Sumut Siap Sambut Tamu Dari Luar Negeri

Edy Rahmayadi Jangan Terjebak Polemik, Fokus Sukseskan PON

topmetro.news — Kedatangan luar negeri pada Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Deli Serdang telah resmi dibuka 14 Oktober lalu. Stakeholder terkait telah siap sedia untuk menyambut tamu yang datang ke Sumatera Utara.

“Kesiapan kita sudah siap, hanya orangnya yang tidak datang,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menjawab wartawan, Senin (25/10), saat disinggung kedatangan luar negeri di KNIA belum dibuka hingga kini.

Kondisi di KNIA, kata Edy, sama seperti di Bandara Ngurah Rai, Provinsi Bali. Bahwa telah dibuka untuk akses kedatangan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Sama dengan Bali, orangnya yang tak datang. Kita hanya standby, siap,” tegasnya.

Gubsu sebelumnya menyebutkan, dalam rangka pembukaan kembali kedatangan luar negeri ini, pihaknya bersama stakeholder terkait telah menyiapkan delapan lokasi karantina bagi setiap pendatang. Baik wisatawan dalam negeri, mancanegara hingga pekerja migran Indonesia (PMI).

Delapan lokasi karantina atau isolasi tersebut antara lain; LPMP, Mes Pertanian, BP-PAUD, Hotel Grand Darussalam, DeParis Medan Ville Putra Mulia, Isoter Asrama Haji (PCR positif ringan-OTG), serta RS GL Tobing dan RS Haji Medan (PCR positif sedang-berat).

Persiapan ini guna menindaklanjuti wacana pemerintah pusat yang ingin kembali membuka kran wisatawan. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diyakini sebagai salah satu ikhtiar pemerintah percepat pemulihan ekonomi masyarakat saat pandemi ini.

Secara teknis, Edy menyebut pihaknya sudah siapkan 1.800 tempat tidur bagi penumpang yang datang dari luar negeri.

“Kalau datang dari luar, isolasi 8 hari. Kita harapkan supaya ditaati. Kalau tidak berat ini karena virus. Dan itu tak mudah, tapi sudah kita siapkan ada 1.800 bed,” katanya.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment