Bekerjasama dengan Koramil 13, Lapas Panyabungan Lakukan Pemeliharaan Senjata

Lapas Panyabungan Lakukan Pemeliharaan Senjata

topmetro.news – Lapas Kelas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut bekerja sama dengan Koramil 13 Panyabungan lakukan pemeliharaan rutin senjata api anggota.

Kegiatan pemeliharaan rutin senjata api anggota tersebut disaksikan langsung oleh Kalapas Kelas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan. Berlangsung di Pojok WBK milik Lapas Kelas IIB Panyabungan, Kamis (4/11/2021).

Dari pantauan topmetro.news, jajaran Seksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Klas IIB Panyabungan melakukan pengecekan dan perawatan senjata api laras panjang dan laras pendek. Kegiatan dipimpin Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, Kasubsi Keamanan serta Kasubsi Portib. Serta dengan pengawasan langsung Kepala Lapas Kelas IIB Panyabungan.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk memastikan kondisi senjata api masih dalam kondisi baik untuk kita gunakan. Atau sudah tidak layak,” ujar Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news di ruang kerjanya.

Keharusan Pemilik Senjata

Hamdi juga menegaskan, merawat senjata tangan atau pistol dengan benar merupakan keharusan bagi setiap pemilik senjata api. Dan sangat perlu untuk keamanan dan efektivitas yang optimal.

“Melakukan perawatan adalah kesempatan terbaik pemilik untuk memeriksa pistol dan komponennya, jika terdapat aus atau retak pada bagian dalam,” tutur Hamdi.

Mantan Kalapas Kayu Agung itu juga menambahkan, senjata api (firearm) adalah senjata yang melepaskan satu atau lebih proyektil. Prosesnya dengan dorongan berkecepatan tinggi oleh gas yang timbul oleh pembakaran suatu propelan.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment