Padang & Kendari Dikepung Banjir, Ribuan Rumah Terendam, 1 Korban Tewas

TOPMETRO.NEWS – Akibat hujan deras, Padang dan Kendari, dua kota di Indonesia sedang dilanda banjir dan longsor, Rabu (31/5). 1 korban pria berusia 17 tahun dilaporkan tewas akibat peristiwa itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara melanda 14 kelurahan di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Kendari, Kendari Barat, Mondonga, dan Kadia. Penyebabnya adalah meluapnya Sungai Wanggu dan drainase perkotaan yang tidak mampu menampung aliran permukaan.

Ke-14 kelurahan terendam banjir, yakni meliputi Kelurahan Kampung Salo, Kendari Cadi, Gunung Jati, Sanua, Sodoha, Tipulu, Watu-watu, Kemah Raya, Lahundate, Kuromba, Watulondo, Mandonga, Kadia dan Pondambea.

“Ribuan rumah terendam banjir sehingga ratusan warga mengungsi ke tempat yang aman,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB seperti dilaporkan JawaPos sesaat lalu.

Nahasnya saat bersamaan terjadi longsor di beberapa tempat. Bencana itu menelaan satu korban jiwa atas nama Alma Husna. Pria 17 tahun itu tidak tertolong akibat rumahnya tertimbun longsor dan pohon tumbang di di Jalan Lasolo, Kelurahan Sanua, Kecamatan, Kendari Barat.

Pendataan dampak banjir dan longsor masih dilakukan BPBD Kota Kendari. BPBD telah mengirimkan tim untuk melakukan penanganan kedaruratan, mendirikan posko di halaman Kantor Walikota, dan melakukan koordinasi dengan TNI, Polri, SAR, dan SKPD lainnya.

Banjir dan longsor juga mengepung Kota Padang, Sumatera Barat. Angin kencang disertai hujan deras sejak kemaren mengakibatkan beberapa lokasi mengalami banjir, pohon tumbang, baliho roboh, tanah longsor. Sejumlah ruas jalan di Padang terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 50 hingga 100 cm.

Secara keseluruhan, banjir melanda 18 titik di 9 kecamatan di Kota Padang. Meliputi, Kecamatan Padang Selatan, Padang Utara, Nanggalo, Padang Utara, Padang Barat, Padang Timur, Lubuk Begalung, Kuranji dan Bungtekab. Akibat bencana ini sebanyak 285 jiwa atau 95 KK mengungsi.(jaw-editor3)

Related posts

Leave a Comment