DPD PKS Madina Gelar Perlombaan Baca Kitab Kuning Tingkat Daerah, Muhammad Rezeki Nasution Juara Pertama

Lomba Membaca Kitab Kuning

topmetro.news – Muhammad Rezeki Nasution dari MAS Musthafawiyah menjuarai Lomba Membaca Kitab Kuning, Senin (21/11/2021). Penyelenggara lomba adalah Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Pelaksanaan Lomba Baca Kitab Kuning oleh DPD PKS Madina selama dua hari itu, berlangsung di Sekretariat Kantor DPD PKS Madina. Yakni Minggu 21 Nopember dan Senin 22 November 2021.

Pesertanya 65 santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kabupaten Madina. Secara resmi Plt Kadis Pendidikan Madina Arbiuddin Syahputra Hakim STPP MM (foto) membuka perlombaan.

Dalam pidatonya, Arbiuddin Syahputra Hakim menegaskan, bahwa ia berkomitmen menjalin hubungan baik dengan PKS dalam program pendidikan keagamaan di Madina.

Dan lanjutnya, PKS merupakan partai dakwah. “Untuk itu kita dari Pemkab Madina, siap bergandengan tangan dalam memajukan pendidikan khususnya di bidang agama,” katanya.

“Sebab tanpa dilandasi dengan pendidikan agama, generasi muda kita ke depannya akhlaknya akan rusak,” sambung mantan Kasatpol PP Pemko Padangsidimpuan ini.

Komitmen PKS

Ketua DPD PKS Madina Wahiddin Arjun Rambe LC di sela pidatonya menyampaikan bahwa perlombaan pembacaan Kitab Kuning DPD PKS Madina ini merupakan tahap awal atau seleksi tingkat daerah sebelum perlombaan tingkat nasional ke V Tingkat DPP PKS.

“Bagi peserta perlombaan yang masuk tiga besar akan lanjut ke tingkat wilayah atau DPW PKS Sumut yang akan terlaksana pada 28 November 2021 mendatang. Kemudian, untuk pelaksanaan kompetisi tingkat nasional ke V DPP PKS akan digelar awal Bulan Desember 2021 mendatang,” paparnya.

Masih Wahidin, PKS berkomitmen untuk serius menjaga ‘aqidah ahlussunah wal jama’ah’. Melalui Lomba Baca Kitab Kuning, Keluarga Besar DPD PKS Madina dan Keluarga Besar PKS ingin mengajak generasi bangsa untuk kembali mengkaji kitab-kitab dari ulama yang muktabar dan kompeten.

Semoga tambahnya, dengan adanya perlombaan pembacaan Kitab Kuning, menjadi langkah awal untuk melestarikan kitab-kitab klasik yang merupakan kitab rujukan.

“Saya juga berharap, semoga peserta perwakilan Madina nantilah yang akan menjuarai tingkat nasional. Karena, harapan ini sangat berdasar. Sebab Kabupaten Madina merupakan gudangnya pesantren,” pintanya.

Pemenang Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Daerah DPD PKS Madina yakni juara I Muhammad Rezeki Nasution dari MAS Musthafawiyah. Kemudian juara II Nur Isa Aulia dari MAS Musthafawiyah dan juara III Ulya Muthomainnah dari MAS Darul Ikhlas.

Dalam perlombaan membaca Kitab Kuning tingkat daerah DPD PKS Madina ini, peserta pemenang akan mendapat dana pembinaan. Yaitu untuk juara I sebesar Rp3 juta+Rp500.000. Juara II Rp2,5 jt+Rp500.000. Juara III sebesar Rp2 juta+Rp500.000.

Berikutnya untuk juara IV sebesar Rp1 juta, juara V Rp750 ribu, dan juara VI Rp500 ribu. Para juara juga memperoleh trophy dan sertifikat.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment